Final Piala AFF 2018: Malaysia Tahan Imbang 2-2 Vietnam di Kuala Lumpur

Setelah hujan deras mengguyur Kuala Lumpur beberapa jam sebelum sepak mula dimulai, akhirnya kedua tim bisa bermain dengan cukup nyaman tanpa genangan air hujan di stadion Bukit Jalil, Malaysia (11/12) petang tadi.

Tuan rumah yang turun dengan kekuatan terbaiknya, siap menggempur tim tamu dengan formasi andalan 4-4-1-1 dengan menempatkan Nor Shahrul Idlan serta Zaquan Adha di depan. Sedangkan Vietnam bermain dengan formasi 3-4-3, siap mengandalkan serangan balik cepat seperti yang sudah sering mereka peragakan sebelumnya.

Sepanjang babak pertama, meski Malaysia mencoba menguasai bola, Vietnam berulang kali merebutnya dan melancarkan serangan balik cepat dan mengirimkan umpan-umpan terobosan. Hasilnya, di menit 22 dan 25, Vietnam berhasil unggul cepat 2-0 lewat gol sontekan Nguyen Huy Hung di kotak penalti Malaysia dan melalui sepakan jarak jauh Pham Duc Huy.

Dua gol kilat Vietnam ini tak membuat skuat arahan Tan Cheng Hoe menciut. Pada menit ke-36, Sharul Saad memperkecil marjin skor lewat tandukannya saat itu. Babak pertama berakhir 1-2 untuk keunggulan Vietnam.

Malaysia jelas merugi karena Vietnam berhasil mencuri dua gol tandang sebagai modal leg kedua tanggal 15 Desember nanti. Namun setidaknya, skuat Harimau Malaya masih berusaha mencari gol penyeimbang sepanjang babak kedua. Harapan tersebut terwujud saat Safawi Rasid mengonversi sepakan bebas menjadi gol penyama kedudukan 2-2. Pasca gol Safawi, tak ada lagi gol yang tercipta di Bukit Jalil malam itu.

(sumber gambar utama: twitter @affsuzukicup)

 

Comments