Federasi Sepakbola Australia Siap Cari Jalan Agar Turut Serta di Piala AFF 2020

Pesta sepakbola dwitahunan yang mempertemukan antara negara Asia tenggara, atau yang biasa disebut Piala AFF baru saja usai pada 2018 lalu. Indonesia yang tampil buruk di edisi kemarin, masih kering gelar dan lebih banyak mengenyam status runner-up saja.

Kompetisi ini akan kembali dijalankan pada 2020 mendatang, dan semua negara berkesempatan menjatuhkan Vietnam sebagai juara bertahan edisi 2018. Kabar terbaru, pihak federasi sepakbola Australia (FFA) siap mencari jalan untuk timnasnya turut serta di Piala AFF 2020.

“Bagian dari evolusi kami dengan hubungan kami di ASEAN sekarang adalah coba berpartisipasi Piala AFF yang sebelumnya dirasakan terlalu kuat untuk kami. Tetapi karena banyak dari negara-negara ASEAN  yang sudah berkembang pesat dan mempertimbangkan kemampuan Australia untuk menjadi kunci pasar hak komersial, tentu saja kemungkinan ini patut ditelusuri,” ungkap presiden FFA dari David Gallop.

Highlights – United Arab Emirates vs Australia

Secara kualitas dan level persaingan, jelas nantinya Piala AFF akan meningkat drastis. Kesuksesan Vietnam dan Thailand menjadi kuda hitam Piala Asia 2019 adalah buktinya. Belum lagi kiprah Filipina dan finalis AFF 2018, Malaysia yang performanya cukup menanjak pada 2018 lalu. Australia sendiri gabung AFF pada 2013 silam dan memang dilarang ikut Piala AFF karena kualitas yang sangat timpang saat itu.

Bagi timnas Indonesia ini jelas seperti dua mata pisau. Pada sisi kualitas kompetisi jelas diuntungkan, namun peluang juara kita bisa saja lebih mengecil, apalagi jika sepakbola Indonesia masih jalan di tempat dan begitu-begitu saja pada dua sampai lima tahun mendatang.

Comments