Piala Asia 2019: Blunder Pavel Matiash Gagal Kejutkan Skuat Cina

Salah satu debutan Piala Asia yaitu Kirgistan memulai petualangannya di kancah tertinggi sepakbola Asia dengan menghadapi salah satu unggulan dari Asia timur yaitu, Cina. Skuat negara tirai bambu yang dilatih oleh Marcelo Lippi memang diunggulkan untuk menang di laga pembuka ini.

Turun dengan formasi 5-3-2, Cina memasang Lin Gao dan Lei Wu di lini depan, sedangkan Kirgistan memasang duet Vitalij Lux dan Mirlan Murzaev dalam skema 4-4-2 milik Kirgistan. Selain itu, ada satu nama yang familiar untuk publik PSIS Semarang, yaitu Akhlidin Israilov yang membela skuat Mahesa Jenar di paruh musim pertama Liga 1 musim 2018 kemarin.

Pada babak pertama, Kirgistan secara mengejutkan menekan Cina habis-habisan. Lippi yang kelimpungan sampai harus menarik Jingdao Jin untuk Dabao Yu demi menstabilkan lini tengah yang dikuasai oleh Kirgistan. Walhasil, Kirgistan mampu unggul lewat gol Israilov di penghujung babak pertama.

Meski sempat unggul, sayang Kirgistan gagal mempertahankan momentum tersebut. Kiper mereka, Pavel Matiash salah mengantisipasi bola dan meluncur ke gawang sendiri. Skor imbang 1-1 dan akhirnya Cina mendapatkan angin segar sampai akhirnya Dabao Yu mampu membuat Cina menang di akhir laga dengan skor tpis 2-1 saat itu.

CINA: Yan Junling, Shi Ke (Hao Junmin 45′), Zhang Linpeng, Feng Xiaoting, Liu Yang, Zhang Chengdong (Liu Yiming 89′), Chi Zhongguo, Wu Xi, Jin Jingdao (Yu Dabao 24′), Gao Lin, Wu Lei

KIRGISTAN: Pavel Matiash, Valery Kichin, Tamirlan Kozubaev, Akhlidin Israilov (Anton Zemlianukhin 61′), Daniel Tagoe, Mirlan Murzaev, Bekzhan Sagynbaev, Kairat Zhyrgalbek, Farhat Musabekov, Vitalij Lux (Ernist Batyrkanov 88′), Edgar Bernhardt (Aziz Sydkov 82′)

Comments