Piala Asia 2019: Sempat Tertinggal, Jepang Sukses Tekuk Turkmenistan

24 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23

Perjalanan Maya Yoshida cs di Piala Asia 2019 ini akhirnya dimulai. Tergabung di grup E bersama Turkmenistan, Uzbekistan dan Oman, skuat Samurai Biru menghadapi lawan pertamanya di fase grup, yaitu Turkmenistan.

Anak asuh Hajime Moriyasu tersebut mengandalkan Yuya Osako sebagai juru gedor dengan formasi 4-2-3-1 seperti saat Piala Dunia 2018 kemarin. Sedangkan Turkmenistan bermain sedikit defensif dengan memakai 5-4-1 kali ini.

Sepanjang laga Jepang menguasai pertandingan dari awal. Namun sayangnya, yang menciptakan gol pertama di laga ini adalah Arslanmyrat Amanov dari Turkmenistan. Pemain sayap bernomer punggung 7 ini melancarkan sepakan jarak jauh yang tak mampu dibendung oleh Shuichi Gonda. Skor 0-1 bertahan hingga jeda.

Masuk ke babak kedua, Jepang yang enggan kalah akhirnya menciptakan dua gol cepat lewat Yuya Osako di menit 56 dan menit 60. Tak lama dari dwigol Osako, Ritsu Doan melebarkan jarak di papan skor dengan golnya di menit ke 71 saat itu.

Turkmenistan akhirnya bisa memperkecil keadaan lewat penalti dari mantan pemain Arema FC, Ahmet Atayev. Skor bertahan 3-2 dan Jepang akhirnya mampu meraup tripoin dari laga ketat ini.

Comments