Piala Asia 2019: Hajar Filipina, Cina Melenggang ke Fase Knock-Out

24 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23

Setelah tampil cukup mengesankan saat menahan gempuran Korea Selatan dan hanya kalah 1-0 saat itu, kini Filipina babak belur dihajar habis-habisan oleh Cina di laga kedua fase grup C Piala Asia 2019.

Sama-sama mengandalkan formasi 4-4-2 sejak awal, strategi dua pelatih flamboyan Marcelo Lippi di Cina melawan Sven-Goran Eriksson di Filipina ini memang belum selevel karena kualitas pemain yang berbeda diantara dua negara. Akibatnya, Cina mendominasi sedari awal laga untuk mencari kemenangan.

Bayangkan saja, Cina membuat 13 kali peluang dan 9 diantaranya tepat sasaran. Sebaliknya, Filipina sendiri hanya membuat satu kali peluang saja selama pertandingan. Gol pertama baru hadir di menit ke-40 oleh Lei Wu memanfaatkan assist Junmin Hao. Babak pertama berakhir 1-0 untuk Cina.

Pada babak kedua, Cina tak mengendurkan serangan. Mereka yang kuasai bola 58% berbanding 42% milik The Azkals, habis mencecar pertahanan yang digalang oleh Luke Woodland dkk. Hasilnya, Lei Wu kembali menggandakan keunggulan lewat gol keduanya di menit ke-66 saat itu.

Cina menutup laga ini dengan kemenangan meyakinkan 3-0, saat Dabao Yu menceploskan gol di menit ke-80 dan akhirnya mengantarkan negeri Tirai Bambu lolos ke fase knock-out turnamen Piala Asia 2016 ini.

(kredit gambar: AFC)

Comments