Piala Asia 2019: Duel Asia Tengah, Uzbekistan Bantai Turkmenistan 4-0

Pertandingan antara dua negara Asia tengah tersaji di laga kedua fase grup F Piala Asia 2019 ini. Uzbekistan yang sebelumnya meraih kemenangan atas Oman, kini harus menghadapai Turkmenistan yang sebelumnya kalah dari Jepang di pertandingan pertama.

Saat laga dimulai, kedua tim menggunakan pendekatan yang berbeda. Uzbekistan dengan formasi 4-2-3-1 nya mencoba menekan Turkmenistan yang menggunakan formasi defensif 5-4-1. Pada menit ke-17, gelandang serang Javokhir Sidikov mampu membuat gol dengan memanfaatkan assist dari Dostonbek Khamdamov, 1-0 untuk Uzbekistan.

Selang beberapa menit dari gol Sidikov, Uzbekistan menambah lagi gol lewat sang penyerang Eldor Shomurodov memanfaatkan assist Otabek Shukurov pada menik ke-24. Turkmenistan yang digempur habis-habisan akhirnya harus tertinggal 4-0 saat jeda karena Jaloliddin Masharipov mampu cetak gol ketiga dan Shomurodov cetak gol keempat di waktu lima menit terakhir sebelum turun minum.

Pasca kemenangan 4-0 di babak pertama, Uzbekistan mengendurkan serangannya namun mampu mematahkan perlawanan Turkmenistan saat itu. Orazsahedov dkk tak mampu menjebol gawang Uzbekistan dan akhirnya Turkmenistan dipastikan tersingkir di fase grup Piala Asia 2019 kali ini.

(kredit foto: AFC)

Comments