Piala Asia 2019: Rangkuman Grup C, Korsel Sapu Bersih dan Filipina Tanpa Poin

24 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23

Rampung sudah perjalanan grup C Piala Asia 2019. Tidak ada yang mengejutkan dari pertandingan pamungkas grup yang berisikan Korea Selatan (Korsel), Cina, Kirigistan, dan Filipina (16/1).

Korsel yang telah diperkuat striker Tottenham Hotspur, Son Heung-min, meraih kemenangan 2-0 melawan Cina asuhan Marcello Lippi melalui gol yang dicetak Hwang Ui-jo di menit 14 via penalti dan Kim Min-jae di menit 51.

Tambahan tiga poin yang diraih tim arahan Paulo Bento memastikan Korsel keluar sebagai juara grup C, dengan perolehan poin maksimal, sembilan poin – sejauh ini Korsel jadi yang pertama melakukannya.

Sementara itu di laga lainnya yang berlangsung di waktu yang sama, Kirigistan menang telak 3-1 kontra Filipina. Vitalij Lux mencetak hattrick di menit 24, 51, dan 77, yang dibalas oleh gol tunggal Stephan Schrock di menit 80.

Statistik menarik muncul pasca laga itu. Lux jadi pemain pertama dalam sejarah Kirigistan yang menorehkan hattrick, sementara Schrock menjadi pemain pertama sepanjang masa yang mencetak gol mewakili Filipina di Piala Asia.

Pasca berakhirnya dua laga itu, Korsel memuncaki klasemen dengan perolehan sembilan poin, diikuti Cina (delapan poin), Kirigistan (tiga poin), dan Filipina (tanpa poin). Kirigistan membuka asa lolos ke fase gugur sebagai tim peringkat tiga terbaik.

Comments