Piala Asia 2019: Menang Adu Penalti, Vietnam Lolos ke Perempat Final

Laga pertama di fase gugur Piala Asia 2019 menjadi kabar baik untuk pecinta sepakbola Asia tenggara. Sang jawara Piala AFF 2018 lalu, Vietnam akhirnya mampu melaju ke babak perempat final setelah menaklukkan Yordania di babak 16 besar ini.

Sedari awal laga, kedua tim bermain cukup seimbang dan saling jual beli serangan. Vietnam dengan formasi 5-4-1 nya konsisten membuat Yordania kesulitan sepanjang laga. Meski begitu, Yordania ciptakan gol pembuka lewat Bahaa Abdulrahman di menit ke 39 babak pertama.

Meski dalam kondisi tertinggal saat memasuki jeda, Vietnam kembali ke lapangan pada babak kedua masih dengan rasa percaya diri yang sama. Mereka terlihat berulang kali mencuri kesempatan lewat serangan balik saat itu. Gol Vietnam yang ditunggu tiba saat Nguyen Chong Puong mengonversi assist Nguyen Trong Hoang. Skor imbang menjadi 1-1.

Pasca gol dari Vietnam, laga terus berjalan ketat hingga menit ke 90 waktu normal. Terpaksa laga ini dilanjutkan hingga 30 menit babak perpanjangan waktu. Namun skor sama kuat 1-1- terus bertahan dan melahirkan babak adu penalti.

Penampilan hebat kiper Vietnam, Dang Van Lam membuat Baha Faisal dan Ahmed Samir gagal mencetak gol lewat adu penalti ini. Sedangkan Que Ngoc Hai, Do Hung Dung, Luong Xuan Truong dan Bui Tien Dung menjadi pahlawan dan membuat skuat The Golden Stars maju ke babak berikutnya.

Penalty shootout (Vietnam win)

Comments