Berapa Banyak Hadiah Uang yang Akan diterima Peserta Piala Asia 2019?

24 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23

Oleh: Martin Martinez

Piala Asia 2019 sekarang telah masuk ke hari terakhir dan hanya dua tim yang tersisa dengan Jepang melawan Qatar untuk memeperebutkan mahkota juara kompetisi empat tahunan ini.

Kedua negara telah membuktikan kemampuan mereka untuk berada di final, dengan Jepang yang tampil efektif sepanjang turnamen dan berhasrat untuk menyabet gelar Piala Asia kelima mereka dalam sejarah.

Sementara itu, Qatar kini telah menunjukkan bahwa mereka adalah ancaman di wilayah tersebut dan tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 tersebut, jauh menjadi lebih menarik setelah mereka mampu menembus partai final kompetisi ini.

Qatar coach Felix Sanchez Bas says they “achieved history”

Sekarang, mereka tak hanya sekadar memenangkan piala dan muncul perbedaan menjadi yang terbaik di kawasan Asia, tapi ada keuntungan finansial karena melangkah jauh dalam kompetisi ini.

Seperti yang dinyatakan oleh AFC, Piala Asia 2019 ini menjadi salah satu yang paling bergelimang hadiah yang pernah ada, karena mereka akan memberikan total hadiah uang tunai hampir 15 juta Dollar AS kali ini!

Tim yang Berpartisipasi

Ada 24 total tim untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini yang telah memenuhi syarat untuk menjadi bagian dari Piala Asia 2019, akan dapatkan pundi-pundi sekitar 200 ribu Dollar AS. Ini sangat cocok untuk negara-negara yang memulai debut mereka di kompetisi ini seperti Filipina, Kirgistan dan Yaman!

Jika dikalikan dengan 24 peserta, maka itu sudah total 4,8 juta Dollar AS!

Fase Gugur

Sementara pundi-pundi besar sudah didapat untuk negara-negara yang lolos ke Piala Asia 2019, mereka yang mencapai semifinal kompetisi ini ditaksir akan memiliki lebih banyak uang lagi nantinya.

Japan prepare to create ‘a new chapter in football history’

Kedua negara yang kalah di semifinal, masing-masing akan membawa pulang sekitar 1 juta Dollar AS. Jadi, tambahkan dua juta ke pengeluaran yang tadi sebesar 4,8 juta untuk para partisipan, maka total yang ada sekitar 6,8 juta Dollar AS.

Finalis

Sekarang, dengan Jepang dan Qatar sudah di laga final, tidak ada yang pulang dengan tangan kosong karena tim runner-up akan membawa pulang hadiah sekitar 3 juta Dollar AS!

Sedangkan untuk sang juara, hadiah luar biasa sebanyak 5 juta Dollar AS akan diberikan bersama dengan piala sekaligus status menjadi yang terbaik di wilayah Asia. Total Itu 8 juta untuk final saja ditambah 6,8 juta untuk fase sebelumnya, maka total 14,8 juta untuk seluruh hadiah kompetisi ini.

Ini jelas merupakan langkah besar, karena  pada kompetisi 2015 silam, tidak ada hadiah uang yang diberikan saat Australia dinobatkan sebagai juara Piala Asia pada edisi tahun tersebut.

Comments