Piala Asia 2019: Sesuai Prediksi Xavi, Qatar Menang Atas Jepang di Laga Final

24 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23

Puncak dari kompetisi sepakbola empat tahunan antar negara di benua Asia akhirnya telah usai. Partai final yang mempertemukan Jepang dan Qatar menjadi sajian pamungkas dari Piala Asia 2019 yang dihelat di Uni Emirat Arab ini.

Memulai laga dengan 4-4-2, Jepang menempatkan duet Yuya Osako dan Takumi Minamino di lini depan. Duet ini diharapkan bisa menembus kokohnya tembok pertahanan Qatar dengan lima beknya dengan skema 5-3-2 kali ini.

Trio Tarek Salman, Boualem Khoukhi, Bassam Hisham di lini bertahan Qatar memang sangat kokoh. Tercatat, mereka belum pernah kebobolan hingga babak semi final lalu. Kekokohan ini juga didukung dengan penampilan moncer Almoez Ali di lini depan Qatar.

Memulai laga, skuat Samurai Biru memang menginisiasi serangan. Namun Qatar jauh main lebih cerdas dalam menafaatkan celah kosong  yang dibuat pertahanan Jepang. Gol pertama lahir pada menit ke-12 saat Almoez Ali menceploskan bola dengan sepakan saltonya di area kotak penalti Jepang.

AFC Asian Cup 2019: Japan 0-1 Qatar – Almoez Ali (12′)

Berkat  gol itu, perolehan total gol Almoez bertambah menjadi 9 gol di turnamen ini dan memastikan dirinya melewati rekor Ali Daei yang merupakan pencetak gol terbanyak di Piala Asia dalam satu edisi. Penampilan calon top skor Piala Asia 2019 ini memang cukup luar biasa.

Tak lama dari gol Almoez, pada menit ke-27 Abdulaziz Hatem membuat pendukung Jepang terdiam. Sepakan melengkung nan indah darinya berhasil kecoh kiper Jepang, Shuichi Gonda. Jepang tertinggal 0-2 hingga datang turun minum.

AFC Asian Cup 2019: Japan 0-2 Qatar – Abdulaziz Hatem (27′)

Masuk ke babak kedua, Jepang yang tertinggal semakin gencar membangun serangan. Pertahanan Qatar terlihat kerepotan mengawal pergerakan Ritsu Doan cs. Akhirnya, lewat skema umpan-umpan pendek, gawang Qatar kebobolan untuk pertama kalinya oleh Takumi Minamino pada menit ke-69. Skor 1-2, laga berjalan semakin seru.

AFC Asian Cup 2019: Japan 1-2 Qatar – Takumi Minamino (69′)

Sayangnya keseruan ini mesti berkurang intensitasnya karena Maya Yoshida tertangkap melakukan handsball di kotak penalti sendiri oleh VAR. Walhasil Qatar mendapatkan penalti dan Akram Afif berhasil mengubah skor menjadi 1-3 untuk tuan rumah Piala Dunia 2022 tersebut.

AFC Asian Cup 2019: Japan 1-3 Qatar – Akram Afif (83′)

Sampai akhir laga skor ini tak berubah dan membuat Qatar jadi juara Piala Asia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Hal ini tentu sejalan dengan prediksi Xavi Hernandez yang menjagokan Qatar sedari awal turnamen lalu.

 

(kredit gambar utama: twitter AFC)

Comments