Southgate belum tentukan kapten Inggris

Manajer Inggris Gareth Southgate mengaku butuh waktu untuk memikirkan soal pemain yang akan ia jadikan sebagai kapten tim ketika Wembley menyambut Brasil dalam sebuah laga uji coba, Rabu (15/11) dini hari WIB.

Di pertandingan sebelumnya melawan Jerman, Southgate mempercayakan jabatan tersebut kepada gelandang Eric Dier, itu setelah penyerang Harry Kane menarik diri dari keikutsertaannya di jeda internasional karena cedera.

Seperti diketahui, Southgate menerapkan kebijakan rotasi soal kapten menyusul pensiunnya Wayne Rooney beberapa waktu lalu. Sejak itu, ia tercatat pernah menunjuk sejumlah nama seperti Jordan Henderson, Joe Hart dan Gary Cahill, namun pria 47 tahun itu belum mengambil keputusan untuk partai awal pekan ini.

Southgate mengatakan: “Saya akan memikirkannya pada Selasa nanti,” ujarnya dikutip dari Sky Sports News. “Kuncinya adalah membangun sebuah tim yang di dalamnya ada pemain yang senang menjadi pemimpin dan berani memiliki tanggung jawab lebih.

“Eric adalah contoh pemain lain yang punya kedewasaan dan pemahaman taktik akan pertandingan, dan dia bisa menunjukkan lebih banyak kepemimpinannya serta memiliki dampak lebih besar buat yang lain.

“Sebagian alasannya adalah untuk menekankan ‘ayolah, jadi pemimpin di tim ini’ dan mudah-mudahan pengalamannya akan tumbuh,” imbuhnya.

Comments