Olympiakos redam agresivitas Barcelona

Meski menguasai sepanjang pertandingan, Barcelona gagal mendulang poin penuh saat bertandang ke markas Olympiakos dalam lanjutan putaran Grup D Liga Champions pekan keempat, Rabu (1/11) dini hari WIB.

Catatan seratus persen Azulgrana terhenti. Pelatih Barcelona Ernesto Valverde gagal menaklukkan tim yang pernah diasuhnya saat kembali ke Yunani.

Dengan hasil imbang ini, Barcelona tetap berada di puncak klasemen dengan mengumpulkan sepuluh poin, unggul tiga angka dengan Juventus, yang ada di bawahnya. Sementara itu, Olympiakos berada di dasar klasemen dengan baru mendapatkan satu poin, sedangkan Sporting CP di urutan ketiga dengan empat angka.

Ada sebuah catatan menarik kalau Barcelona gagal mencetak gol di pertandingan untuk pertama kali sejak kalah 2-0 dari Real Madrid di leg kedua Piala Super Spanyol pada Agustus lalu.

Barcelona tampil dominan sepanjang babak pertama. Penampilan apik Silvio Proto di bawah mistar gawang membuat raksasa Spanyol itu gagal mencetak gol. Ditambah, penyelesaian buruk lini depan mereka.

Barcelona sebenarnya nyaris kebobolan di awal pertandingan ketika Samuel Umtiti dan Marc-Andre ter Stegen salah komunikasi di sektor belakang. Beruntung, kondisi itu tidak dimanfaatkan tuan rumah.

Lionel Messi dan Luis Suarez memiliki sejumlah peluang, namun Proto mampu menggagalkan tiga usaha pemain yang pertama, sedangkan kesempatan emas pemain yang kedua terbuang sia-sia pada menit ke-22.

Denis Suarez sempat mencetak gol di babak pertama, namun dianulir karena sudah berada dalam posisi off-side.

Di babak kedua, dominasi El Barca terus berlanjut. Sebuah tendangan kaki kiri Suarez mampu diblok Alberto Botia, yang notabene adalah lulusan akademi Barca.

Kiper kedua tim melakukan penyelamatan gemilang. Ter Steger mampu mengantisipasi tendangan bebas Konstantinos Fortounis, sedangkan Proto menggagalkan usaha keras Messi yang kali ini gagal mencetak gol.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol yang tercipta.

Comments