Koeman masuk kandidat pelatih Belanda

Manajer Everton Ronald Koeman digadang-gadang sebagai kandidat utama untuk menggantikan Dick Advocaat.

Menyusul kemenangan 2-0 atas Swedia yang sekaligus memastikan kegagalan Belanda lolos ke Piala Dunia 2018, Advocaat membuka kemungkinan untuk mundur dari kursinya sebagai pelatih.

Dan dengan ketidakpastian masa depan Koeman yang membawa Everton menjalani awalan buruk di Liga Primer Inggris musim ini, mantan bek Barcelona tersebut kini masuk sebagai kandidat ideal oleh KNVB untuk membangun era baru Belanda.

Pernyataan Advocaat seusai laga pamungkas babak kualifikasi Piala Dunia kemarin tidak memungkiri bahwa akan ada pelatih pengganti, namun ia enggan menyebut nama secara spesifik.

“Ini penting untuk menang malam ini dengan pandangan ke depan menatap Liga Negara UEFA pada tahun depan,” ujarnya.

“KNVB secara gamblang menjelaskan kepada saya soal pentingnya ini berkaitkan dengan lawan-lawan potensial di Liga Negara UEFA tahun depan – dan alaminya, sebagai sebuah asosiasi, Anda ingin melawan Prancis atau Jerman di pertandingan berikutnya.

“KNVB sekarang harus mencari kandidat bagus untuk masa depan. Saya masih akan tetap di sini sampai laga uji coba November, meski Louis van Gaal juga pernah mengatakan ‘tidak pernah berkata tidak’.

“Saya menikmati waktu saya sebagai manajer tim nasional untuk kali ketiga,” tutupnya.

Comments