FIFA bekukan sepakbola Pakistan

FIFA melarang Pakistan untuk berkecimpung di pentas sepakbola internasional setelah muncul dugaan intervensi dari pihak ketiga di tubuh PFF.

Pernyataan itu dikeluarkan langsung oleh FIFA pada Rabu (11/10) kemarin, yang menegaskan bahwa hukuman tersebut berlaku dari tim nasional hingga ke klub. Mereka bakal dikucilkan dari segala turnamen yang berhubungan dengan FIFA serta pihaknya tidak diizinkan untuk mengikuti program pengembangan sepakbola.

“Ada pelanggaran kontrol terhadap PFF untuk melakukan pengelolaan secara independen dan tanpa pengaruh dari pihak ketiga sesuai yang tertuang dalam statuta resmi FIFA,” demikian bunyi pernyataan badan sepakbola tertinggi di dunia tersebut.

“Sanksi ini akan dicabut seketika kantor PFF dan akses menuju ke PFF dikembalikan kepada pihak federasi.”

Adapun intervensi ini diduga dilakukan oleh pihak pemerintah Pakistan menyusul terpilihnya Faisah Saleh Hayat untuk kali ketiga sebagai pemimpin PFF pada 2015 silam.

Juru bicara PFF menegaskan bahwa pihaknya tengah menyiapkan pernyataan terhadap pemberlakuan sanksi ini, demikian diungkap Reuters.

Pakistan sendiri untuk sementara berada di urutan 200 dunia dari 211 tim yang terdaftar, dengan mereka tidak sekalipun bertanding dalam kurun waktu lebih dari dua tahun.

Pertandingan terakhir yang mereka gelar adalah partai menghadapi Yaman pada Maret 2015 yang berkesudahan 0-0.

Comments