Jupp Heynckes siap bantu James Rodriguez

Pelatih anyar Bayern Munich Jupp Heynckes mengakui bahwa kendala bahasa membuat James Rodriguez kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di Jerman dan Bundesliga.

Pemain internasional Kolombia, James, didatangkan ke Allianz Arena untuk durasi dua tahun pinjaman dari Real Madrid pada Juli kemarin. Ia direkrut saat tampu kepemimpinan Bayern masih dipegang Carlo Ancelotti.

Namun masalah hamstring yang dialami pada pramusim kemarin membuat James telat untuk memulai kompetisi. James bahkan baru mencatatkan debut kompetitifnya untuk Bayern dalam lanjutan Bundesliga melawan Hoffenheim pada 9 September kemarin.

Playmaker berusia 26 tahun itu baru mencatatkan lima penampilan di semua kompetisi untuk raksasa Bavaria tersebut, dan pemecatan Ancelotti memanaskan rumor bahwa ia akan kembali ke Madrid.

Adapun Heynckes, yang ditunjuk menggantikan Ancelotti pada pekan lalu, menyebut ketidakcakapan James dalam berbicara bahasa Jerman membuatnya kesulitan, namun ia siap untuk memberikan bantuan.

Berbicara di sesi pengenalannya kepada wartawan, sosok berusia 72 tahun itu mengatakan: “James Rodriguez tidak bisa bicara bahasa Jerman. Sepakbola Jerman itu sangat berbeda jika dibandingkan dengan sepakbola di Amerika Selatan. Ini adalah situasi yang sangat sulit untuk seorang pemain muda.

“Meski begitu, dia harus tahu bahwa saya siap mendukungnya dan bersedia membantu karena saya menyukai pemain yang memiliki talenta dan saya yakin dia punya banyak talenta.

“Saya pernah melihat aksinya bersama Real Madrid namun saya tidak kenal dia secara pribadi. Ketika mereka kembali [dari jeda internasional], saya akan berbicara dengan mereka dan memberi mereka masukan,” tutupnya.

Comments