Serba-serbi Piala Dunia 2002, panggung Ronaldo dan Brasil

Fakta Piala Dunia 2002

Tuan rumah: Korea Selatan dan Jepang
Waktu penyelenggaraan: 31 Mei-30 Juni 2002
Juara: Brasil
Top scorer: Ronaldo (Brasil, 8 gol)

Partai final: Brasil 2-0 Jerman

Pada partai puncak ini, dua gol kemenangan Tim Samba, julukan Brasil, dicetak oleh Ronaldo Luis Nazario de Lima.

Ronaldo seolah melakukan “penebusan dosa” karena pada empat tahun sebelumnya, yakni Piala Dunia 1998 di Prancis, dia tampil melempem dan sempat hampir absen karena penyakit “misterius”.

Di Yokohama, Ronaldo berhasil membenamkan Tim Panser Jerman dengan dua golnya. Brasil pun meraih gelar kelima Piala Dunia, jumlah terbanyak dibanding negara lain.

Statistik

Tim: 32
Pertandingan: 64
Gol: 161
Penonton: 2.705.197

Trivia

– Ini adalah Piala Dunia pertama yang diselenggarakan oleh dua negara, yakni Korea Selatan dan Jepang, dan kali pertama juga dilangsungkan di Benua Asia.

– Untuk kali pertama, ada tiga negara yang langsung lolos, yaitu juara bertahan Prancis dan dua negara tuan rumah, yakni Korea Selatan dan Korea Selatan.

– Pada pertandingan final antara Brasil dan Jerman, di hari yang sama, dilangsungkan laga antara dua tim penghuni peringkat FIFA paling rendah, yaitu Montserrat (ranking 203) dan Bhutan (202) yang diadakan di Bhutan. Tuan rumah menang 2-0.

– Ronaldo mengubah gaya rambutnya setelah perempat final ketika istrinya memberi tahu dia bahwa putra mereka mencium layar TV sambil berteriak “ayah” ketika dia melihat Roberto Carlos.

– Pemain Korea Selatan, Cha Doo-Ri, mendapat kartu kuning saat baru berada 20 detik di lapangan. Itu terjadi pada injury time babak kedua saat Korea Selatan menghadapi Polandia.

– Pelatih tim China, Bora Milutinovic, menorehkan rekor melatih lima negara berbeda dalam lima Piala Dunia terakhir.

– Korsel menjadi negara pertama Asia yang sukses masuk babak semifinal Piala Dunia. Di semifinal, mereka kalah dari Jerman, lalu kalah dari Turki pada perebutan tempat ketiga.

– Dengan menjuarai Piala Dunia 2002, Brasil membuat rekor baru, yakni lima gelar Piala Dunia.

– FIFA melarang Kamerun mengenakan kaus tanpa lengan yang mereka pakai sepanjang Piala Afrika 2002, yang dianggap sebagai “rompi”.

Comments