Olympique Marseille – Red Bull Salzburg dalam 90 detik

Marseille

Olympique Marseille mendapatkan modal bagus di Liga Europa setelah mengamankan kemenangan 2-0 melawan Red Bull Salzburg di leg pertama babak semi-final, Jumat (27/4) dini hari WIB tadi.

Di pertandingan yang digelar di Stade Velodrome ini, Marseille mampu unggul cepat di menit ke-15 lewat gol sundulan Florian Thauvin memanfaatkan tendangan bebas Dimitri Payet.

Dengan golnya itu, Thauvin pun meneruskan performa bagusnya lantaran sebelum ini ia selalu mencetak gol dalam empat penampilan terakhirnya (lima gol), dan ini menjadi laju terbaiknya selama berkarier.

Lebih dari itu, sang pemberi assist Payet memiliki catatan impresif lainnya karena sekarang telah terlibat dalam tujuh gol di fase sistem gugur Liga Europa musim ini (tiga gol, empat assists), melebihi pemain lain.

Assist Payet dalam gol pertama Thauvin ini menjadi yang kelima buatnya di Ligue 1 dan Liga Europa musim ini. Selain itu, pemain lain yang berperan dalam ketajaman Thauvin musim ini adalah Amavi, Sanso, Germain, Luiz Gustavo dan Ocampos (ditambah lima pemain lainnya), yang masing-masing hanya menyumbang satu assist.

Marseille baru bisa memperbesar keunggulannya di babak kedua melalui pemain pengganti Clinton N’Jie pada menit ke-63, setelah sebelumnya masuk menggantikan Maxime Lopez di satu jam permainan.

N’Jie hanya butuh dua menit dan 42 detik untuk memberikan impak, dengan ia mengoyak gawang Salzburg setelah menuntaskan umpan pendek kiriman Payet dari sisi kiri.

Payet kiranya layak dinobatkan sebagai pemain terbaik pada pertandingan ini karena untuk kali pertama sejak melawan Slovan Liberec pada Desember 2015, Marseille mendapati pemainnya mampu menyumbang dua assists dalam sebuah laga Liga Europa semenjak Abdel Barrada.

Berkat kemenangan ini, Marseille boleh percaya diri untuk menatap final karena 95 persen dari tim yang menang di kandang dengan skor 2-0 pada leg pertama fase sistem gugur mampu mengamankan kelolosan ke putaran selanjutnya.

Menurut rencana, leg kedua semi-final akan dilangsungkan di markas Salzburg sepekan dari sekarang.

Comments