Iniesta akan dianugerahi penghargaan tertinggi dunia olahraga Spanyol

Andres Iniesta akan mendapatkan penghargaan Grand Cross of the Royal Order of Sports Merit, penghargaan tertinggi di olahraga Spanyol.

Medali yang akan diterima Andres Iniesta tersebut adalah penghargaan terhormat atas jasanya di bidang olahraga. Sebelumnya, mantan rekannya di timnas seperti Iker Casillas dan Xavi Hernandez juga berkesempatan mendapatkan hal serupa.

Pemain berusia 34 tahun itu dijadwalkan mendapatkan medali setelah satu minggu dirinya mengonfirmasi bakal meninggalkan Barca di akhir musim nanti. Pemain produk La Masia itu bergabung pada usia 12 tahun dan mengabdikan dirinya bagi klub Katalunya selama 22 tahun.

Ia belum memutuskan tim mana yang bakal dibela selanjutnya, namun rumor terkuat menyebutkan dirinya bakal hijrah ke Liga Super Tiongkok.

Sementara itu, banyak tribut ditujukan kepadanya setelah memutuskan untuk meninggalkan sepak bola Spanyol. Fans Deportivo La Coruna memberinya tepuk tangan ketika ia masuk di babak kedua akhir pekan lalu, sementara fans Sevilla juga melakukan hal yang sama di final Copa Del Rey lalu.

Iniesta telah berhasil merengkuh 32 tropi bersama Barcelona, membantu La Furia Roja memenangi Piala Eropa 2008 dan 2012, serta mengalahkan Belanda di final Piala Dunia 2010.

Di sisi bersamaan, ia sedang menyiapkan empat pertandingan terakhir dengan seragam loreng biru-merah dengan melawan Real Madrid di El Clasico, Villareal, Levante, dan Real Sociedad. Iniesta dan rekan-rekannya mengincar tak pernah kalah di empat laga sisa itu sehingga memuluskan langkah melakoni satu musim tak pernah kalah di liga—belum pernah dalam sejarah La Liga Spanyol.

Comments