Kalahkan Madrid, Barca jadi merek terkuat di dunia

Barcelona gantikan Real Madrid sebagai merek terkuat di dunia sepak bola, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan konsultan Brand Finance.

Madrid masih bisa mengakhiri musim dengan kemenangan Liga Champions ketiga berturut-turut tetapi keberhasilan domestik Barca, ditambah dengan sejumlah kesepakatan sponsor baru, membuat mereka mengambil posisi teratas dari rival klasik mereka.

Ernesto Valverde memimpin tim Catalan meraih dua gelar, sementara di luar lapangan klub tersebut memulai kesepakatan sponsorship baru dengan perusahaan e-commerce Jepang, Rakuten, yang bernilai € 246 juta selama empat tahun.

“Setelah satu musim di mana mereka berada di atas angin dalam sepak bola domestik dan diuntungkan dari penawaran sponsor yang kuat, kekuatan merek Barca meningkat – dari 95,4 menjadi 96,6 – sementara Real tetap hampir tidak berubah di 96,4, meskipun ada kinerja kuat lainnya di kompetisi Eropa,” jelas Brand Finance.

“Kenaikan Barcelona sebagai merek sepak bola terkuat di dunia juga didorong oleh respon penggemar yang sangat baik dalam penelitian asli Brand Finance yang dilakukan di pasar China, India, dan Amerika Serikat.”

Kedua raksasa La Liga masuk dalam lima besar yang diisi oleh Manchester United (94.6), Bayern Munich (93.1) dan Liverpool (92.2).

Namun, Bryn Anderson, direktur Brand Finance, memperingatkan duo Spanyol di tahun-tahun mendatang ketika Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mengakhiri karir bersama mereka.

 

Menurut studi yang sama, Manchester United masih tetap merek dunia yang paling berharga. Dengan aliran pendapatan yang mengesankan, nilai merek tim  Liga Primer meningkat sembilan persen menjadi $ 1,89 miliar membuat mereka tetap di depan Madrid pada $ 1,57 miliar dan Barca pada $ 1,51 miliar.

Comments