Chelsea – Manchester United dalam 90 detik

Chelsea dipastikan meraih gelar Piala FA untuk pertama kali sejak 2012 setelah mengalahkan Manchester United dengan skor 1-0 di final yang berlangsung di Wembley, Sabtu (19/5) malam WIB.

Gol tunggal dicetak melalui eksekusi tendangan penalti Eden Hazard pada menit ke-22. Gol itu sudah cukup mengantarkan The Blues mengakhiri kompetisi musim 2017/18 dengan meraih trofi, meski klub besutan Antonio Conte itu hanya finis di peringkat kelima di ajang Liga Primer Inggris.

Di pertandingan itu, United memberikan perlawanan sangat sengit. Klub asuhan Jose Mourinho itu bahkan memiliki penguasaan bola sebesar 66 persen dan melepaskan 18 tembakan ke gawang Thibaut Courtois, namun tidak ada yang berbuah gol.

Di balik kesuksesan Chelsea meraih gelar Piala FA, terdapat sejumlah rekor menarik.

Chelsea memenangi gelar Piala FA yang kedelapan sepanjang sejarah mereka dan yang pertama sejak 2012, sama dengan Tottenham Hotspur. Hanya ada dua klub yang meraih gelar lebih banyak dari mereka, yakni Manchester United (12) dan Arsenal (13).

Chelsea juga menjadi tim pertama yang memenangi Piala FA setelah finis sebagai runner-up di musim sebelumnya sejak Arsenal pada 2002.

Mourinho menelan kekalahan pertamanya di final piala domestik di Inggris, padahal ia memenangi setiap lima kesempatan sebelumnya, tidak termasuk Community Shield.

Penalti yang dicetak Hazard adalah yang pertama sejak 1982, pertandingan ulangan antara Tottenham dan QPR, sebagai satu-satunya gol yang tercipta di final Piala FA melalui titik putih, ketika itu dicetak Glenn Hoddle.

Comments