Arsenal – AC Milan dalam 90 detik

Arsenal secara meyakinkan lolos ke babak perempat-final Liga Europa setelah mengalahkan AC Milan dalam dua leg.

Seperti diketahui, Arsenal arahan Arsene Wenger sukses mengamankan kemenangan 2-0 di San Siro pekan lalu, dan kini klub London utara itu kembali menang lewat skor 3-1 di Emirates Stadium, Jumat (16/3) dini hari WIB.

Di partai semalam, The Gunners kebobolan gol terlebih dahulu yang sekaligus membuka asa Milan untuk mengejar agregat melalui gelandang asal Turki Hakan Calhanoglu. Gol itu tercipta setelah ia menuntaskan assist Ricardo Rodriguez.

Tak lama berselang, wasit Jonas Eriksson mengeluarkan keputusan kontroversial karena memberi tuan rumah hadiah penalti buah aksi Danny Welbeck yang terjatuh di dalam kotak terlarang. Tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut, Welbeck yang maju sebagai eksekutor berhasil memperdaya kiper Gianluigi Donnarrumma untuk kemudian menutup babak pertama sama kuat, dan itu menjadi gol pertamanya di ajang Eropa setelah terakhir kali menjebol gawang Galatasaray di kancah Liga Champions pada Oktober 2014 silam.

Adapun Arsenal menegaskan nama besarnya dengan bermain lebih baik di babak kedua, di mana mereka membalikkan keunggulannya di menit ke-71 lewat tendangan kaki kiri Granit Xhaka, sebelum Welbeck mengunci kelolosan timnya melalui golnya di empat menit jelang bubaran.

Keberhasilan menang di dua leg selama fase knock-out ini merupakan catatan pertama buat Arsenal sejak musim 2003/04 silam. Waktu itu, mereka mengalahkan Celta Vigo di dua pertemuan kandang dan tandang di babak 16 besar Liga Champions.

Menyusul hasil ini, Arsenal berhak melangkah ke babak delapan besar dan tinggal menunggu hasil undian untuk mengetahui calon lawannya.

Comments