Henry dan Bayang-bayang Sukses Ex Prancis 98

Thierry Henry resmi sepakat untuk melatih AS Monaco hingga tiga tahun kedepan. Ekspektasi untuk membawa kembali Monaco ke papan Ligue 1 muncul.

Namun yang lebih berat untuk seorang Henry adalah bayang-bayang sukses mantan rekan-rekannya di Les Blues yang bertransformasi menjadi pelatih.

Henry pun resmi menjadi orang ke-4 yang pernah menjuarai Piala Dunia 1998 dan berkarir sebagai pelatih utama di Ligue 1.

Ia mengikuti jejak Didier Deschamps, Laurent Blanc dan Patrick Vieira.

Tiga nama ex Prancis 98 tersebut punya cerita beragam mengarungi karir mereka di Liga negara mereka sendiri.

Yang pasti Henry akan bertemu langsung dengan Vieira sebagai rival 8 Desember mendatang. Vieira menjadi pelatih Nice sejak awal musim panas lalu dengan koleksi 3 kemenangan sejauh ini. Mantan rekan Henry di Arsenal inipun punya catatan apik sebagai pelatih di MLS. Salah satunya memberi dampak nyata pada New York City FC dengan mendongkrak posisi dari 17 ke 4 saat ia datang.

Namun Vieira harus mengalami 3 rentetan hasil buruk diawal ia menjadi pelatih Nice. Ia hanya bisa membawa 1 poin.

Tentunya, Henry tidak ingin mengulangi rekor buruk tersebut. Apapun hasilnya nanti, kepelatihan Henry akan dibandingkan dengan ex Prancis 98 yang kini jadi pelatih.

Terlebih dengan nama Laurent Blanc. Blanc punya sejarah menarik selama karirnya di Ligue 1. Sukses dengan 11 gelar bersama Paris Saint Germain, Blanc lebih dulu mengawali karir kepelatihan Di Bordeaux. Selain rentetan gelar di Ligue 1 ia juga pernah menjadi pelatih Timnas Prancis.

Melatih Timnas Prancis menjadi pencapaian yang mungkin masih terlalu jauh untuk dibandingkan dengan Henry. Tapi bukan tak mungkin ia kelak bisa mengikuti jejak Didier Deschamps yang sukses membawa kembali trofi piala dunia ke Prancis tepat 20 tahun setelah ia berhasil jadi pemain.

Jauh sebelum dipanggil Timnas, Deschamps juga pernah melatih Tim yang sama dengan Henry, yakni AS Monaco.

Sukses para pemain Timnas Prancis 98 yang jadi pelatih tidak cuma sebatas yang pernah melatih di Ligue 1. Zinadine Zidane sudah membuktikannya dengan 3 trofi Liga Champions beruntun bersama Real Madrid.

Menjadi pertanyaan besar untuk Henry yang kini berusia 41 tahun untuk mengukir prestasi yang sama. Ia mendapat dukungan penuh dari Roberto Martinez, pelatih Timnas Belgia, dimana Henry jadi asistennya.

Tugas berat pertama Henry pun segera dimulai usai UEFA Nations League selesai.

Comments