Yunani, Rumania, Serbia, dan Bulgaria Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

VIRAL! Gol Luar Biasa Dari Bocah Berusia 7 Tahun di Inggris

Persaingan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 kian menarik Empat negara Eropa, Yunani, Rumania, Serbia, dan Bulgaria, mencalonkan diri bersama-sama untuk menjadi tuan rumah ajang sepak bola terakbar dunia itu.

Usulan pertama negara-negara dari bagian Timur Eropa itu menjadi tuan rumah muncul dari Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras. Dia ingin negaranya bersama Rumania, Serbia, dan Bulgaria menjadi tuan rumah bersama.

Keinginan Tsipras diamini oleh Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borissov. Jumat (2/11/2018), dia mendukung langkah negara tetangganya itu menjadi tuan rumah Piala Dunia.

“Seperti Bulgaria dan Italia yang menjadi penyelenggara bersama kejuaraan dunia bola voli September lalu, Serbia, Yunani, Rumania dan Bulgaria juga bisa maju untuk tuan rumah bersama Piala Dunia 2030,” kata Borrisov.

Sejumlah negara Eropa memang ingin maju dalam pencalonan. Sebelumnya, Inggris menyatakan sedang menjajaki untuk bergabung dengan Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales sebagai calon tuan rumah.

Republik Irlandia yang bukan menjadi bagian dari Britania Raya juga siap bergabung dalam pencalonan bersama itu. Namun, mereka mendapat saingan dari wilayah lain.

Trio Amerika Selatan Argentina, Uruguay dan Paraguay, juga sudah menyatakan keinginan mengedepankan momen 100 tahun Piala Dunia — dihitung dari Piala Dunia pertama di Uruguay tahun 1930.

Maroko yang sudah lima kali kalah dalam persaingan hak penyelenggaraan Piala Dunia, termasuk Piala Dunia 2026, juga akan mencoba peruntungan dalam percalonan Piala Dunia 2030. Aljazair dan Tunisia sedang dipertimbangkan untuk bergabung dengan Maroko sebagai kandidat trio Afrika Utara.

Tuan rumah multinegara di Piala Dunia bukanlah hal baru. Setelah Jepang dan Korea Selatan pada 2002,  Piala Dunia 2026 akan digelar di tiga negara yakni Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Comments