Sepuluh kutipan terkenal soal Ronaldinho

Fox Sports Asia memunculkan kembali kutipan terkenal yang dilontarkan oleh para pesohor lapangan hijau seiring keputusan Ronaldinho mundur dari sepakbola.

Seperti diketahui, Ronaldinho dikonfirmasi telah gantung sepatu oleh sang kakak, dan dalam kariernya yang gemilang, tidak sedikit mata yang berhasil dibuat terpukau berkat aksi sang megabintang.

Pemain satu ini mulai mencuri perhatian di Piala Dunia 2002 lalu, dengan golnya ke gawang Inggris kawalan David Seaman membekas dalam memori. Lebih dari itu, ia pun membukukan kenangan manis ketika berkiprah untuk Paris Saint-Germain, Barcelona hingga AC Milan.

Dari sekian banyak kawan maupun lawannya, Ronaldinho memberikan kenangan yang sulit dilupakan, dan berikut sepuluh kutipan terkenal mengenai superstar asal Brasil tersebut.

“Ronaldinho bertanggung jawab terhadap perubahan yang terjadi di Barca. Waktu itu kami mengalami periode yang buruk dan itu berubah dengan kedatangannya yang luar biasa. Di tahun pertama, dia tidak memenangkan apa pun namun orang-orang jatuh cinta kepadanya. Kemudian trofi mulai berdatangan dan dia membuat semua orang bahagia. Barca harus selalu berterima kasih atas apa yang telah dia lakukan.” – Lionel Messi.

“Dia adalah pemain yang sanggup membuat perbedaan antara tim yang bermain baik dan tim yang bisa menghadirkan kenangan. Dia sendiri saja bisa menentukan jalannya pertandingan.” – Frank Rijkaard.

“Kaki magis, bukan melulu soal trik – dia bisa menciptakan peluang dan mencetak gol untuk membuktikan kualitasnya.” – Roberto Carlos.

“Ada periode dalam karier Ronaldinho di Barcelona di mana dia hampir sulit ditandingi. Seperti tanpa usaha, begitu rileks, selalu tersenyum, dia sangat genius saat membawa bola. Saya mencintai sepakbola Brasil dan dia adalah salah satu pemain terbaik dari negara tersebut.” – David Beckham.

“Tak ada yang bisa dibandingkan dengan Ronaldinho. Saya ingat gaya bermainnya, dribelnya. Saya ingat dia memenangkan semua gelar di Camp Nou. Dia mencatatkan sejarah di Barca, dia membuat sejarah dengan Brasil dan masih membuat sejarah.” – Neymar.

“Ronaldinho lebih bertalenta ketimbang Messi dan Cristiano Ronaldo. Ketika kami tidak tahu apa yang harus dilakukan, dia akan menciptakan peluang untuk mencetak gol.” – Deco.

“Tidak ada banyak pemain yang bisa memberi umpan manis seperti dia. Dia benar-benar luar biasa. Dia adalah contoh pemain langka yang bisa memberi bola dari mana pun.” – Rui Costa.

“Dia adalah salah satu pemenang sejati di sepanjang masa.” – Zlatan Ibrahimovic.

“Ronaldinho benar-benar berkelas – pemain yang sangat, sangat hebat. Dia itu cepat, bertenaga dan punya kualitas teknik luar biasa. Dia adalah pendribel namun juga seorang pemain yang bisa mengomando permainan untuk rekan setimnya. Dia bukanlah pemain No.10, tapi seorang komandan. Dia lebih dari sekadar penyerang lubang yang bisa mencetak gol dan punya visi untuk itu.” – Zinedine Zidane.

“Pemain terbaik di dunia: Ronaldinho? Tentu! Saya bahkan tak pernah merasa puas untuk melihatnya bermain – dia benar-benar memukau mata. Tekniknya luar biasa, sentuhannya, visinya… dia itu bisa mencetak gol dan mengorkestra semuanya. Dia adalah pemain komplet. Saya tahu betapa sulitnya bagi seorang penyerang untuk bermain di level tersebut, namun bagi dia itu adalah hal yang mudah. Dia melakukannya di setiap pertandingan dan sungguh luar biasa untuk ditonton.” – Ruud van Nistelrooy.

 

Comments