Hasil Final Piala Indonesia 2018/19: Persija vs PSM Makassar (1-0): Ryuji Sang Penyelamat!

Dua tim terbaik Indonesia di musim 2018 lalu akhirnya berjumpa lagi di laga penting kali ini. Laga tersebut adalah leg pertama final Piala Indonesia 2018/19 yang berlangsung terlebih dahulu di stadion utama Gelora Bung Karno, Senayan (21/7) tadi sore.

Persija turunkan skuat terbaiknya minus Steve Palle yang digantikan Toni Sucipto sebagai bek tengah berduet dengan Maman Abdurrahman. Sedangkan PSM sendiri menurunkan Hilman Syah di pos penjagawa gawang gantikan kiper pertama mereka, Rivky Mokodompit.

Sedari babak pertama, skuat Macan Kemayoran selaku tuan rumah banyak ambil inisiatif serangan dan lakukan pressing yang cukup apik. Riko Simanjuntak, Sandi Sute hingga Novri Setiawan sangat konsisten ganggu konsentrasi dan build-up PSM Makassar.

Walhasil, PSM kerap kali andalkan serangan balik lewat Zulham dan Rahmat. Tapi sampai babak pertama usai, skor kacamata 0-0 bertahan hingga jeda tiba.

Memasuki babak kedua, PSM lebih coba ambil inisiatif serangan kali ini. Meski Marko Simic cs masih coba cari gol pembuka, PSM coba ancam gawang Shahar Ginanjar. Dominasi PSM akhirnya menurun dan terlihat kelelahan.

Akibatnya konsentrasi pemain PSM menurun dan sukses dimanfaatkan Persija untuk cetak gol lewat skema scrimmage hasil sepak pojok saat itu. Adalah pemain pengganti Ryuji Utomo yang sukses buat gol dan SUGBK bergemuruh di menit ke-87.

Gol ini tak bisa dibalas oleh PSM dan akhirnya memastikan Persija unggul 1-0 di leg pertama final Piala Indonesia 2018/19. Leg kedua akan berlangsung pekan depan (28/7) di Mattoanging, Makassar.

 

Comments