Lima Klub Sepakbola Paling Sukses di Kompetisi Liga Indonesia

Berbicara kompetisi sepakbola Indonesia di era profesional, berarti bicara Ligina yang merupakan penyatuan antara kompetisi amatir Perserikatan dan kompetisi semi-pro Galatama.

Meski banyak dituding sebagai penyebab kemunduran sepakbola lokal kita, namun bagaimanapun era Ligina (yang katanya sudah benar-benar profesional) memang seharusnya sudah berjalan sejak lama di negeri gila bola ini.

Berikut kami coba pilihkan lima klub yang paling sukses di era Liga Indonesia. Tentu anda boleh sepakat, boleh juga tidak. Namun inilah pilihan kami kali iniā€¦

Persipura Jayapura

Melihat rentetan bintang empat di atas logo Persipura Jayapura adalah suatu kekaguman tersendiri bagi banyak suporter sepakbola Indonesia. Tim mutiara hitam dari timur ini adalah peraih terbanyak gelar Liga Indonesia dengan empat kali capaian pada 2005, 2009, 2011 dan 2013 silam. Bahkan jika kompetisi tak resmi ISC 2016 harus dihitung, maka tim asal pulau Papua tersebut sudah lima kali juara sampai saat ini.

Persipura juga tercatat empat kali menjadi runner-up Liga Indonesia pada 2010, 2012 dan 2012. Selain itu juga mereka pernah menjadi juara Community Shield Indonesia pada 2009 silam dan kompetisi pra-musim Inter Island Cup pada 2011 lalu.

Pada level Asia, langkah Persipura cukup digdaya di Piala AFC. Mereka bahkan pernah menembus partai semifinal pada 2014 silam sebelum akhirnya dihajar Al-Qadsia dari Kuwait dengan agregat 10-2 kala itu.

Comments