Gubernur Anies Baswedan Resmikan Pembangunan Jakarta International Stadium

Liga Jerman – Tim Terbaik Pekan Ke 27 Bundesliga

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan baru-baru ini dikabarkan resmi membuka pembangunan stadion baru untuk Persija Jakarta. Nantinya, stadion baru tersebut akan dinamakan Jakarta International Stadium.

Lokasi pembangunan stadion anyar tersebut berada di Sunter, Jakarta Utara. Dahulunya, lahan tersebut adalah wilayah taman BMW dan nantinya stadion baru (JIS) ini akan berkapasitas 80.000 bangku penonton tanpa lintasan lari atletik di dalamnya.

Lewat unggahan Instagramnya, Gubernur Anies menuliskan, “Pembangunannya (JIS ini) pun dirancang untuk bisa digunakan di berbagai kegiatan baik olahraga maupun kegiatan seni dan budaya.”

View this post on Instagram

Alhamdulillah hari ini salah satu janji kita pada masyarakat ibu kota, membangun stadion sepakbola kelas dunia dimulai pembangunannya. Ini adalah mimpi bagi jutaan warga ibu kota. Ini akan menjadi stadion yang InsyaAllah bukan hanya kebanggaan ibu kota tapi juga Indonesia dan stadion sepak bola yang betul-betul bertaraf dunia. ⁣ ⁣ Pembangunannya pun dirancang untuk bisa digunakan di berbagai kegiatan baik olahraga maupun kegiatan seni dan budaya. Kita rancang agar benar2 menjadi contoh sebuah gedung dengan prinsip ramah lingkungan, kelas platinum tertinggi dalam konsep green building. Lalu stadion ini juga tidak berdiri sendiri tapi terintegrasi sebagai satu kawasan dengan danau dan InsyaAllah seluruh kegiatan di tempat ini selalu dirancang agar warga mudah menggunakan transportasi umum.⁣ ⁣ Di kawasan ini nanti ada stasiun MRT fase 2 yang lokasinya persis di sebelah utara dan akan ada revitalisasi di stasiun kereta api, akan ada akses dari tol juga. Harapannya semua penonton yang datang ke tempat ini datang bukan dengan kendaraan pribadi tapi dengan kendaraan umum.⁣ ⁣ Kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat di dalam proses pembangunan stadion ini. Bukan hanya dalam enam bulan terakhir , bukan hanya dalam setahun terakhir, tapi sejak bertahun-tahun yang lalu. Saat mulai lahan ini mulai direncanakan sebagai tujuan pembangunan sarana rekreasi olahraga. Di situ banyak terlibat, ribuan jumlahnya, para gubernur, para aparat pemprov, masyarakat yang mengawal proses ini sejak bertahun-tahun yang lalu.⁣ ⁣ Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman di DPRD DKI Jakarta, dukungan dari mereka memungkinkan kita memulai untuk melakukan pembangunan di tempat ini hari ini.⁣ ⁣ Hari ini peluit pertama dibunyikan, babak baru dimulai, mari kita bertepuk tangan dan apresiasi kepada semua yang terlibat dalam proses ini dan terus kawal bersama pembangunan stadion ini, InsyaAllah 2021 kita tuntaskan semua. #stadion #stadioninternasionaljakarta #JakartaInternationalStadium #jakpro #dkijakarta

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

“Lalu stadion ini juga tidak berdiri sendiri tapi terintegrasi sebagai satu kawasan dengan danau dan InsyaAllah seluruh kegiatan di tempat ini selalu dirancang agar warga mudah menggunakan transportasi umum,” lanjutnya.

Pihak Jakpro atau PT Jakarta Propertindo mengkalim bahwa Jakarta International Stadium ini tak murni lapangan sepakbola saja, tapi ada juga aspek komersialnya. “Untuk anggarannya total berdasarkan pre-feasibility study sekitar Rp 5 triliun. Tahun 2019 sudah mendapat penyertaan modal daerah (PMD) sebesar Rp 900 miliar,” kata Dirut Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto.

Comments