Rekapitulasi Liga Italia, Napoli gagal kandaskan dominasi Juventus

Juventus vs Ajax – Tensi Lawan Juventus Lebih Tinggi Dibanding Lawan Madrid

Napoli yang sempat menyalip Juventus di posisi puncak klasemen akhirnya harus mengakui dominasi juara enam kali beruntun Serie A Italia itu. Sementara itu, Inter Milan berhasil mengalahkan Lazio di pekan terakhir untuk mendapatkan satu tiket Liga Champions, Minggu (20/5).

Juventus memastikan diri untuk meraih juara Serie A Italia ketujuh secara beruntun di musim 2017/2018. Dominasi Si Nyonya Tua sebenarnya hampir berakhir ketika Napoli berhasil menang tipis 1-0 di giornata ke-34 di Turin. Namun, kekalahan memalukan Partenopei 3-0 melawan Fiorentina di pekan selanjutnya menjadi kunci keberhasilan Juve merebut tahta musim ini.

Sementara itu, Lazio yang diunggulkan menemani AS Roma merebut tiket Liga Champions musim depan harus kalah di pekan terakhir melawan saingannya, Inter Milan. Pertandingan seru yang berakhir dengan skor 3-2 memuluskan jalan anak asuh Luciano Spalletti ke pentas tertinggi Eropa.

Lazio akan menemani AC Milan untuk berlaga di kompetisi Liga Europa musim 2018/2019 mendatang. Pesta gol Rossoneri di pekan terakhir saat melawan Fiorentina berhasil mengamankan satu tiket dari kejaran Atalanta di posisi tujuh.

Di papan bawah, tim promosi, SPAL, berhasil unggul telak 4-0 melawan Atalanta di pekan terakhir dan memastikan diri lolos dari jerat degradasi. Crotone akan menemani Hellas Verona dan Benevento yang lebih dulu dipastikan turun ke Serie B musim depan. Crotone kalah 1-2 saat harus melawat ke kandang Napoli.

Musim 2017/2018 juga menjadi kompetisi terakhir bagi Gianluigi Buffon untuk berseragam Juve. Ia belum memastikan diri apakah akan gantung sarung tangan atau melanjutkan kariernya di klub lain.

Rincian wakil Italia yang lolos ke Liga Champions, Liga Europa dan yang terdegradasi:

Liga Champions:
Juventus (juara Serie A Italia)
Napoli (runner-up)
AS Roma (peringkat ke-3)
Inter Milan (4)

Liga Europa:
Lazio (peringkat ke-5)
AC Milan (6)

Degradasi:
Crotone (peringkat ke-18)
Hellas Verona (19)
Benevento (20)

Comments