Sebelum PB Djarum, Garuda Select Sempat Mendapatkan Tuduhan Serupa

Sebelum PB Djarum dianggap melakukan eksploitasi anak oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), bahkan berujung dengan keputusan dari badan pembinaan bulu tangkis tersebut menghentikan kegiatan mereka yang sudah berjalan lama. Ternyata beberapa waktu sebelumnya, program pembinaan sepakbola, Garuda Select yang mendapatkan tuduhan serupa.

Tercatat pada cuitan dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) per tanggal 6 Maret 2019, disebutkan bahwa ada pertemuan antara LPAI dengan KPAI untuk membahas dugaan eksploitasi anak yang dilakukan oleh industri rokok Djarum terhadap program Garuda Select pada Kamis 28 Februari 2019.

“Timnas Indonesia dapat bersaing jika melawan tim ASEAN” – Jaya Hartono

Garuda Select sendiri merupakan program kerjasama antara induk organisasi sepakbola Indonesia, PSSI dengan Supersoccer untuk mengirim 24 pemain berusia U-17 guna mengikuti pelatihan profesional sepakbola di Inggris selama enam bulan.

Para pemain tersebut bakal mendapat pelatihan dengan standar Eropa. Para pemain belia ini mendapatkan arahan langsung dari mantan pemain Chelsea, Dennis Wise selaku direktur program, serta Des Walker yang menjadi pelatih mereka.

Para pemain Garuda Muda di Piala AFF U-19 2019 lalu seperti Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, Sutan Zico, Ernando Ari, David Maulana, dan Mochamad Supriadi merupakan alumnus dari program Garuda Select ini.

Comments