FITUR: 5 Laga Tak Terlupakan Timnas Indonesia vs Vietnam

FOXSPORTS.CO.ID – Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (15/10). Meskipun Vietnam bukan rival klasik seperti Thailand atau Malaysia, pertemuan melawan the Golden Star selalu menarik untuk disimak.

Indonesia memiliki rekor yang cukup ciamik ketika berhadapan dengan Vietnam. Dari total 23 laga yang dilakukan di laga resmi, tim Garuda sukses meraih sembilan kemenangan. Sementara Sembilan laga lain berakhir imbang, dan lima laga lain berhasil dimenangkan oleh Vietnam.

Catatan lain menunjukan, bahwa sejak tahun 2014, bersama dengan Thailand, Indonesia adalah lawan yang selalu bisa mengalahkan Vietnam diantara negara-negara Asia Tenggara lain. Indonesia dan Thailand bahkan bisa melakukannya sebanyak dua kali di level senior. Sedangkan di level junior, satu laga yang akan diingat adalah kemenangan timnas U-19 era Indra Sjafri di final melawan Vietnam U-19 pada Piala AFF U-19 2013 di Gelora Delta Sidoarjo.

Ada sebuah cocoklogi yang mengemuka setiap Indonesia berhadapan dengan Vietnam. Pertemuan kedua negara ibarat laga antara Italia berhadapan dengan Jerman. Seburuk-buruknya Italia, mereka selalu bisa mengalahkan Jerman. Serupa dengan yang terjadi di lingkup Asia Tenggara, seburuk-buruknya Indonesia, mereka selalu bisa menaklukkan Vietnam.

Dari sekian data dan fakta yang menarik tersebut. Tim FOX Sports Indonesia merangkum lima laga yang tidak terlupakan ketika Tim Merah Putih berhadapan dengan The Golden Star.

Indonesia 2-3 Vietnam (Piala AFF 1996/15 September 1996)

Laga perebutan tempat ketiga Piala AFF (dulu bernama Piala Tiger) 1996 menjadi tidak terlupakan. Pada gelaran perdana turnamen Asia Tenggara tersebut, Vietnam sanggup mengalahkan Indonesia dengan skor 3-2. dan merebut tempat ketiga. Quoc Chong membawa Vietnam unggul, namun kemudian bisa disamakan oleh Kurniawan Dwi Yulianto. Vietnam kemudian menjauh setelah Yeyen Tumena melakukan gol bunuh diri, dan satu gol dari eksekusi penalty Vo Huang Bu. Indonesia kemudian memperkecil ketertinggalan melalui Aples Tecuari.

“Timnas Indonesia dapat bersaing jika melawan tim ASEAN” – Jaya Hartono

Klik halaman selanjutnya…

Comments