Dokter Timnas Indonesia Beberkan Alasan Mengapa Selalu Keteteran di Babak Kedua

FOXSPORTS.CO.ID – Permainan timnas Indonesia di tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia bisa dibilang berantakan. Kalah injury time dari Malaysia (2-3), dihajar oleh Thailand (0-3) dan ngos-ngosan saat dibantai Uni Emirat Arab (5-0).

Satu faktor yang mencolok adalah masalah fokus yang menurun karena stamina yang drop di babak kedua. Saat melawan Malaysia, skuat Garuda unggul 2-1 di jeda. Saat meladeni Thailand, skor 0-0 di waktu jeda. Kemudian saat meladeni UEA hanya kebobolan 1-0 saja.

Baca juga: Akhirnya Bisa Bela Timnas Indonesia, Dutra Ajak Rekannya Kerja Lebih Keras

Kondisi ini jelas memberikan ilustrasi bahwa stamina yang buruk berefek kepada fokus yang menurun. Masalh ini sempat disinggung sang pelatih, Simon McMenemy dengan dalih jadwal liga yang tak ideal dan cenderung berantakan.

Sedangkan Dokter Timnas Indonesia Ahmad Nizar menjelaskan fenomena buruk yang terjadi di skuat garuda senior kali ini. “Keletihan memang menjadi faktor utama yang menimpa para pemain, dikarenakan kondisi yang memang tidak 100 persen fit akibat liga yang masih berlangsung,” ujar Ahmad kepada laman Detik Sport.

“Soal VO2 max itu lebih ke arah klub mereka bermain. Soalnya tahu sendiri kan persiapan Timnas hanya sampai 2 mingguan lebih, terbatas buat kami mengagendakan test VO2 max. Lagian mereka juga sudah atlet profesional,” pungkasnya.

Baca juga: FITUR: 5 Laga Tak Terlupakan Timnas Indonesia vs Vietnam

INDONESIA vs VIETNAM: 3 Key Players to Watch

Comments