Akumulasi Sanksi dan Denda FIFA Akibat Perilaku Oknum Suporter Timnas Indonesia

FOXSPORTS.CO.ID – Jatah laga kandang di Kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk Indonesia vs Uni Emirat Arab (31/3) mendatang dipastikan akan tanpa dukungan suporter. Ini adalah buntut dari kejadian di tribun stadion yang melibatkan oknum suporter Indonesia dalam beberapa pertandingan sebelumnya.

Salah satu yang paling mencolok adalah terhentinya laga Indonesia vs Malaysia karena kerusuhan antara dua kelompok suporter di tribun Gelora Bung Karno di laga pertama saat itu. Mengutip dari laman Goal, Indonesia kena denda 45 ribu Swiss franc (643 juta Rupiah) serta teguran.

Laga antara dua negara serumpun ini berlanjut panas di pertemuan kedua saat berlaga di Kuala Lumpur. Penyalaan kembang api, kerusuhan dan perusakan fasilitas membuat FIFA denda Indonesia jauh lebih besar lagi yaitu 200 ribu Swiss franc (2,8 miliar Rupiah), tanpa penonton dan teguran kepada PSSI.

Terakhir, PSSI juga mendapat teguran karena jadwal kick-off antara Indonesia vs Thailand saat itu telat. Kami sendiri masih mencari detail pasti berapa lama telatnya namun yang pasti, PSSI harus mengevaluasi hal ini.

Timnas Indonesia sendiri sejauh ini selalu kalah di semua laga kualifikasi Piala Dunia 2022, baik melawan Malaysia, Vietnam, Thailand dan Uni Emirat Arab. Hasil buruk ini juga berujung pemecatan Simon McMenemy dan perekrutan Shin Tae-yong sebagai pelatih anyar di awal 2020 ini.

Comments