Bima Sakti dan Danurwindo akan jadi pelatih sementara timnas Indonesia

24 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23

PSSI sudah memastikan Luis Milla dipertahankan sebagai pelatih tim nasional Indonesia. Kontrak pelatih asal Spanyol tersebut diperpanjang selama satu tahun dengan target menjadi juara Piala AFF 2018 dan SEA Games 2019.

Namun saat ini Milla sedang berada di Spanyol setelah timnas U-23 Indonesia tersingkir pada babak 16 besar Asian Games 2018. Situasi tersebut membuat posisi pelatih timnas menjadi lowong, sehingga PSSI akan menunjuk Bima Sakti dan Danurwindo sebagai pelatih interim atau sementara.

Langkah ini diambil agar Bima Sakti, yang selama ini menjadi asisten Milla, dan Danurwindo, bisa mengatur timnas yang sedang mempersiapkan diri melakoni laga uji coba melawan Mauritius pada Selasa (11/9/2018). Uji coba itu juga sekaligus menjadi ajang untuk mulai menyusun kerangka tim sebelum Milla datang.

“Kami harus memiliki strategi memikirkan bahwa 11 September ini bisa langsung dengan coach Luis Milla atau pelatih interim karena waktunya sangat mepet,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha.

“Apapun itu tanggung jawabnya ada di PSSI, terutama di Direktur Teknik PSSI (Danurwindo). Untuk lawan Mauritius tampaknya tak akan ditangani Luis Milla, pasti pelatih interim. Itu akan ditempati coach Danurwindo dan Bima Sakti.”

“Saat ini, coach Danurwindo juga sedang mengumpulkan data untuk para pemain senior yang bisa diproyeksikan untuk Piala AFF nanti.”

Piala AFF 2018 mulai bergulir 15 November sampai 8 Desember 2018. Sepanjang sejarah turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut, Indonesia belum pernah menjadi juara meskipun lima kali mencapai final.

Comments