FITUR: Bek Kanan Terbaik yang Pernah Memperkuat Timnas Indonesia

24 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23

Pada zamannya, timnas Indonesia dikenal sebagai Macan Asia. Meski diklaim belum pernah raih juara Piala Asia ataupun AFF, pada masa lampau, Indonesia pernah ditakuti karena para pemiannya memiliki bakat luar biasa. Berikut kami sajikan 10 nama bek kanan terbaik timnas Indonesia sepanjang masa…

Tan Liong Houw

Orang-orang mungkin mengenal Tan Liong Houw sebagai salah satu gelandang tengah yang menghidupi roh permainan timnas Indonesia pada era Toni Pogacnik. Ia tak kenal takut, lugas, dan hampir selalu bermain seolah tidak akan menemui hari esok.

Saat Indonesia berhasil meraih gelar Piala Merdeka pada Agustus tahun 1961 lalu, di mana kami memujinya setinggi langit dengan mengatakan, “Tan Liong Houw bermain luar biasa sekali. Dia terus menerjang pemain Malaysia (lawan Indonesia di partai puncak). Pantas kalau dia mendapatkan julukan Macan Betawi,” Tan Liong Houw memang benar-bena “Macan Betawi”.

Namun, sebelum kehebatannya di Malaysia tersebut, Tan Liong Houw ternyata juga pernah menunjukkan kecakapan lainnya saat memperkuat timnas Indonesia. Hebatnya, ia tidak melakukannya dari posisi tengah, melainkan dari posisi bek sayap kanan. Ya, saat Indonesia berhasil menahan imbang Uni Soviet, 0-0, dalam gelaran Olimpiade Melbourne 1956 yang bersejarah itu, Tan Liong Houw adalah salah kunci dari pertahanan begerendel di sisi kanan pertahanan Indonesia.

Comments