FITUR: Bek Tengah Terbaik yang Pernah Memperkuat Timnas Indonesia

Liga Jerman – Tim Terbaik Pekan Ke 27 Bundesliga

Pada zamannya, timnas Indonesia dikenal sebagai Macan Asia. Meski diklaim belum pernah raih juara Piala Asia ataupun AFF, pada masa lampau, Indonesia pernah ditakuti karena para pemainnya memiliki bakat luar biasa. Berikut kami sajikan 10 nama bek tengah terbaik timnas Indonesia sepanjang masa…

Ramlan Yatim

Hingga sekarang, seperti sebuah cerita rakyat, kehebatan Indonesia saat menahan Uni Soviet dalam gelaran Olimpiade Melbourne 1956 terus diceritakan dari satu generasi ke generasi lainnya. Selain hasil akhir, pemain-pemain Indonesia yang terlibat di dalam pertandingan tersebut pun bisa menjadi bahan cerita yang menarik.

Kehebatan Ramang, penyerang Indonesia, diabadikan di dalam situs resmi FIFA. Foto Maulwi Saelan, kiper Indonesia saat itu, yang terlihat terbang seperti Superman dalam menyelamatkan gawangnya dari kebobolan, hampir selalu ambil bagian setiap kali keajaiban di Melbourne tersebut kembali diceritakan. Dan mungkin, tak sedikit orang yang juga penasaran dengan Ramlan Yatim, salah satu sosok di balik rapatnya barisan pertahanan Indonesia pada saat itu.

Tidak bisa disangkal bahwa Ramlan Yatim merupakan salah satu bek tengah terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Selain menjadi bagian penting timnas dalam gelaran Olimpiade Melbourne, Ramlan Yatim juga menjadi salah satu alasan kuat mengapa Indonesia berhasil meraih medali perunggu dalam gelaran Asian Games 1958 di Jepang. Selain itu, pemain asal Medan tersebut juga ambil bagian saat PSMS Medan mulai menjadi salah satu kekuatan di Perserikatan pada tahun 1950-an.

Menariknya, kehebatan Ramlan Yatim pada saat itu juga membuatnya menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di luar negeri. Pada tahun 1948 dan 1949, bek serba bisa ini pernah bermain untuk Penang, klub asal Malaysia, dan bermain di Singapura.

Comments