Istilah-istilah bagi juara turnamen grand slam

Salah satu dari empat rangkaian turnamen besar dan elite olahraga tenis tengah digelar pada Januari 2018 ini.

Ya, Grand Slam Australia Terbuka menjadi pembuka prestisius untuk tahun 2018 di antara turnamen Prancis Terbuka, Wimbledon, dan AS Terbuka yang akan digelar kemudian.

Dikatakan prestisius dan sarat gengsi karena petenis yang bisa meraih gelar juara pada turnamen kelas grand slam akan dianggap sebagai salah satu atlet yang pantas masuk dalam nama-nama besar.

Terkait pemenang, terdapat beberapa istilah bagi petenis yang berhasil menjuarai turnamen level grand slam.

Berikut ini adalah beberapa istilah tersebut:

1. Grand Slam

Istilah ini disematkan bagi petenis yang berhasil menjuarai empat turnamen grand slam dalam satu tahun kalender pada nomor yang sama.

2. Golden Slam

Istilah golden slam diberikan kepada atlet tenis yang berhasil meraih empat gelar grand slam dan meraih medali emas Olimpiade pada nomor dan tahun yang sama.

Petenis yang sukses menorehkan prestasi tersebut adalah Steffi Graf. Petenis putri asal Jerman ini pernah meraih empat gelar tunggal putri di turnamen grand slam 1988 dan medali emas Olimpiade Seoul 1988.

3. Career Slam

Istilah career slam mengacu kepada petenis yang sukses juara di empat turnamen grand slam dalam karier tenisnya tanpa harus juara berturut-turut.

Petenis yang berhasil menorehkan catatan ini adalah Novak Djokovic. Petenis asal Serbia ini menjuarai Australia Terbuka sebanyak 6 kali, Prancis Terbuka 1 kali, Wimbledon 3 kali, dan AS Terbuka 2 kali.

Hungry for more #AusOpen titles.

A post shared by Australian Open (@australianopen) on Jan 17, 2018 at 1:58pm PST

4. Super Slam

Istilah super slam mengacu kepada petenis yang selain memenangi empat turnamen grand slam, juga menjuarai turnamen akhir tahun yang diselenggarakan oleh badan tenis profesional pria (ATP) dan wanita (WTA).

Comments