Demi MotoGP 2018, Scott Redding rela diet

Rider anyar Aprilia Gressini Scott Redding berencana turunkan berat badannya jelar bergulirnya musim baru MotoGP. Dengan tinggi badan 185cm dan berat 79 kilogram, Redding merasa dirinya terlalu berat. Program penurunan berat badan pun dimulai Redding untuk mendapatkan berat badan ideal agar bisa menyesuaikan dengan motor barunya.

Motivasi lain yang membuat Scott Redding harus puasa adalah berkaca pada rekan baru di timnya, Aleix Espargaro. Dengan tinggi badan yang hanya beda 5cm, berat badan Espargaro 13kg lebih rendah kebanding Redding. Berat badan Espargaro saat ini sudah 66kg. Sebelumnya di situs resmi MotoGP berat badan Espargaro adalah 71 kg.

Ini bukan soal siapa yang lebih kurus. Menurut Redding yang musim 2017 hanya finish di posisi 15, berat badan sangat berpengaruh pada geraknya di motor. Ia harus lebih ringan agar lebih bisa bebas berkendara.

“Jika Aprilia bisa mengurangi bobot motor dan saya sendiri bisa mengurangi 4-5 kg, maka targetnya akan hilang 8kg dari komponen saya dan motor. Itu artinya akan lebih ringan dan mudah bergerak,” jelas Redding.

Give us a smile you animal!

A post shared by Reddingpower (@reddingpower) on Dec 4, 2017 at 11:30pm PST

Mengurangi berat badan bukan hal mudah bagi Redding yang juga harus bertahan dengan stamina. Problem lain adalah tinggi badan Redding. Redding merupakan rider tertinggi saat ini. Sebelumnya ada Loris Baz yang lebih tinggi 6cm ketimbang Redding. Namun musim depan Baz sudah tidak lagi ikut serta dalam balap MotoGP.

Antara tinggi badan dengan performa juga sangat berpengaruh. Marc Marquez tinggi hanya 168 cm dengan berat 68 kg, sementara Andrea Dovizioso 167cm dengan berat 67kg.

Valentino Rossi yang tinggi badannya mencapai 182cm juga mengakui tidak mudah mengendarai motor dengan tinggi diatas rata-rata. Beruntung berat badan Rossi hanya 65kg. Rossi merasa diuntungkan dengan badannya yang kurus cukup berpengaruh pada performanya diatas motor.

Wajar saja, Redding perlu menurunkan berat badan. Teorinya juga sudah dibuktikan dengan ujicoba di Jerez. Sebelum seri balap di Sepang bergulir akhir Januari, target penurunan berat badan jadi hal utama untuk mantan rider Ducati ini.

Comments