Lorenzo beri sinyal bantu Dovizioso di Valencia

Jorge Lorenzo memberikan sinyal akan membantu rekan setimnya di Ducati, Andrea Dovizioso, jika ada kesempatan untuk melakukannya pada seri terakhir MotoGP 2017 di Valencia, Minggu (12/11/2017). Dengan demikian, Dovizioso bisa mengais asa untuk meraih gelar juara dunia MotoGP 2017.

Saat ini Dovizioso menempati urutan kedua klasemen sementara pebalap. Dia terpaut 21 angka dari pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang menempati puncak tabel.

Balapan akhir pekan ini akan menjadi penentu siapa yang berhak menyandang status juara dunia. Marquez berada dalam posisi yang sangat menguntungkan karena dia hanya perlu tambahan lima poin atau paling buruk finis di urutan ke-11. Jika itu terjadi maka kemenangan Dovizioso menjadi sia-sia karena tak bisa menyamai perolehan poin Marquez yang berstatus juara bertahan.

Ya, tentu saja. Saya sudah mengatakan sejak awal kejuaraan karena wartawan menanyakan hal ini terlalu cepat. Saya mengatakan bahwa ini terlalu dini tetapi sekarang tidak,” ujar Lorenzo, yang baru bergabung dengan Ducati pada musim ini.

“Sangat sulit untuk saya melakukan sesuatu karena situasi ini jauh lebih bagus bagi Marc dan tidak mudah bagi Dovi. Saya memahami pentingnya gelar juara dunia tetapi sangat sulit jika saya bisa melakukan sesuatu.”

Lorenzo berpeluang merengkuh kemenangan pertama bersama Ducati pada musim ini jika melihat rekornya di Sirkuit Ricardo Tormo. Namun diakuinya, trek ini tidak terlalu bersahabat bagi Ducati karena semua kemenanganya diraih saat masih bersama Yamaha.

“Saya memiliki kenangan indah di trek ini, khususnya di MotoGP. Saya tidak terlalu kompetitif dalam beragam kelas tetapi pada MotoGP, saya mulai menang pada 2010, 2013, 2015 dan tahun lalu,” ujar pebalap asal Spanyol ini.

“Ini merupakan salah satu trek bagus bagi kami tetapi mereka (Ducati) kesulitan di sini, bahkan saat Casey Stoner meraih sejumlah kemenangan. Ini trek yang sangat lambat dan memiliki sejumlah tikungan sempit, yang tak membantu motor kami.”

“Saya pikir motor kami sudah cukup berubah di area ini dan sekarang saya merasa lebih baik dan nyaman. Kami sangat termotivasi untuk balapan ini dan berharap bisa mendapatkan apa yang kami butuhkan dari motor.”

Comments