Thomas Luthi terancam menunda debut pada MotoGP

Thomas Luthi mengalami cedera pergelangan kaki saat kualifikasi Moto2 GP Malaysia akhir pekan lalu. Kondisi ini tak hanya memupus harapannya untuk meraih gelar juara dunia yang jatuh ke tangan Franco Morbidelli, tetapi dia juga terancam menunda debutnya di arena MotoGP.

Bintang asal Swiss ini, yang akan bergabung dengan Morbidelli di tim Marc VDS Honda pada kelas premier musim depan, menurut rencana akan menjalani tes post-race di Valencia pada 14-15 Novemver. Tampaknya Luthi harus menunda kesempatan mengendarai RC213V.

Speedweek.com melaporkan bahwa berdasarkan hasil tes, Luthi harus menjalani operasi. Ini membuat pebalap berusia 31 tahun tersebut harus istirahat sekitar enam pekan.

“Selama operasi, dua skrup harus digunakan, yang memungkinkan Tom latihan stabilitas pada minggu-minggu berikutnya, tetapi bukan stabilitas beban,” ujar manajer Luthi, Daniel M Epp.

Jika pemulihan enam minggu itu dikonfirmasi, berarti Luthi tidak bisa ambil bagian dalam event MotoGP 2017 karena larangan tes musim dingin dimulai 1 Desember.

Pebalap tim Interwetten tersebut sudah dipastikan menjadi runner-up Moto2 musim ini. Perolehan poinnya tidak mungkin dikejar oleh pebalap KTM, Miguel Oliveira, yang tertinggal 27 poin, sehingga tak masalah jika Luthi absen pada seri terakhir di Valencia.

Comments