Piala Asia 2019: lima pemain calon bintang

John Duerden John Duerden

John Duerden melihat lima pemain yang wajib diwaspadai dalam gelaran Piala Asia 2019 Januari mendatang.

Undian Piala Asia 2019 telah dilaksanakan Jumat (5/8) di Dubai. Turnamen kontinental se-Asia itu pada edisi ini akan semakin semarak karena ada penambahan jumlah tim dari 16 ke 24.

Fox Sports Asia memilih lima di antara bintang-bintang yang bakal bertarung di Uni Emirat Arab dan berpotensi menimbulkan kejutan.

Sardar Azmoun (Iran)

Bisa jadi saat Piala Asia bergulir nanti, striker Iran ini akan menjadi bintang yang layak diandalkan dan para fans di seluruh Asia akan berharap padanya. Pemain berusia 23 tahun itu bahkan telah disandingkan dengan pencetak gol terbanyak, Ali Daei. Namun, legenda Iran itu tak memilik kelebihan yang dipunyai Azmoun.

Ia memiliki: kontrol yang baik, dribel oke, penempatan posisi di depan gawang, dan keterampilan penyelesaian akhir. Ia juga memiliki pengalam internasional karena bermain bagi klub Rusia, Rubin Kazan.

Ketika Januari datang nanti, ia akan menjadi perhatian besar para klub-klub besar Eropa, serta pertahanan Irak, Vietnam, dan Yaman.

Tristan Do (Thailand)

Bintang kelahiran Prancis ini menjadi salah satu bek kanan terbaik yang dimiliki Benua Asia. Ia bahkan sudah dirumorkan akan segera meninggalkan Muangthong United untuk bergabung bersama beberapa kompatriotnya di J League, Jepang. Beberapa pihak bahkan menyebutkan dirinya layak untuk mendapatkan level yang lebih yakni bermain di Eropa.

Penuh energi dan tajam dalam menyerang, Do akan menikmati kesempatan untuk mengobrak-abrik pertahanan tuan rumah Piala Asia 2019. Berhadapan dengan Uni Emirat Arab, ia juga akan merepotkan Bahrain dan India. Turnamen ini akan menjadi batu loncatan bagi Do dan membuatnya memimpin jajaran pemain top Asia.

Neil Etheridge (Filipina)

Minggu lalu, ia menjadi pemain pertama asal Asia Tenggara yang bermain untuk klub Liga Prime Inggris. Sejauh ini, ia bermain sebanyak 45 kali dari 46 laga bagi Cardiff City di tingkat kedua liga Inggris. Jika di pertandingan depan tim milik orang Malaysia itu menang, Cardiff akan promosi.

Ini akan menjadi hari-hari memabukkan bagi penggemar sepak bola Filipina. Etheridge akan menjadi pemain pertama Asia Tenggara yang bermain di Liga Primer dan keberhasilan mereka menembus babak kualifikasi. 2018 akan menjadi tahun yang diingat sebagai tahun terbaik sepak bola Filipina.

Etheridge akan berhadapan dengan Son Heung-min dan Tottenham Hotspur di Liga Primer musim depan. Namun, keduanya akan mengalami pemanasan terlebih dahulu di Piala Asia. Filipina akan berhadapan dengan Korea Selatan di pertandingan debut kompetisi empat tahunan ini.

Lebih dari itu Etheridge dan Azkals juga punya peluang besar lolos ke babak 16 besar.

Fahad Al Muwallad (Arab Saudi)

Penyerang sayap ini merupakan salah satu talentar terbaik yang berasal dari Asia Barat. Satu golnya ke gawang Jepang, September lalu, mengunci satu tempat bagi Arab Saudi di Piala Dunia 2018 mendatang.

Ia kini dipinjamkan ke Levante di kompetisi La Liga. Meski mengalami kesusahan dalam mendapatkan menit bermain, para fans di Asia tahu, apakah dia bermain di Eropa atau tidak, pemain berusia 23 tahun itu memiliki banyak tawaran yang akan dipertontonkan.

Pemain Al Ittihad itu banyak melakukan adu sprint dengan para bek lawan dan mengobrak-abrik pertahanan. Dan Korea Utara yang terkenal memiliki pertahanan bagus harus bersiap-siap menghadapinya Januari besok.

Sunil Chhetri (India)

Bintang terbesar seluruh Asia Selatan ini akan melengkapi karier internasionalnya dengan tampil di Piala Asia, meski menghadapi lawan berat melawan tuan rumah Uni Emirat Arab, Thailand, dan Bahrain.

Chhetri tidak hanya menjadi wajah sepak bola India, ia juga merupakan sosok pemimpin yang membawa timnya lolos dari babak kualifikasi Piala Asia 2019. Jika India memiliki kesempatan untuk keluar dari grup berat itu, maka striker mereka, kapten, dan bintang terbesar akan memiliki hal sensasional dalam kariernya. Sementara itu, sang penyerang hampir selalu tampil hebat.

Comments