Pemilihan ban yang tepat bikin Rossi naik podium

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, berhasil naik podium GP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5/2018). Pebalap dengan julukan The Doctor ini mengaku senang karena finis di urutan ketiga meskipun start dari posisi kesembilan.

Usai balapan, Rossi membeberkan kunci keberhasilannya naik podium. Pebalap berusia 39 tahun ini mengatakan bahwa pemilihan ban yang tepat membuat dia bisa finis di urutan ketiga.

“Kami mengalami sedikit peningkatan karena pemilihan ban yang tepat. Saya tahu bahwa saya lebih cepat ketimbang saat di Jerez,” ujar Rossi usai balapan.

“Saya berusaha meraih podium. Hasil ini sangat penting untuk saya, tim dan semuanya yang ada di Yamaha.”

Meski sudah berusaha menggeber motornya, Rossi gagal melewati rivalnya dari Repsol Honda, Marc Marquez, yang finis pertama, serta pebalap Pramac Racing, Danilo Petrucci.

Peraih tujuh gelar kelas premier ini hanya mampu melewati mantan rekan setimnya yang kini membela Ducati, Jorge Lorenzo, ketika balapan tersisa 12 putaran. Alhasil, dia sukses mempertahankan posisinya di belakang Marquez dan Petrucci.

“Saya sangat senang karena bisa cepat dan ritmenya juga bagus. Saya sudah berusaha mendekati Petrucci tetapi dia lebih cepat,” ucap pebalap asal Italia ini.

Raihan 16 poin dari balapan seri kelima ini membuat Rossi berada di urutan keempat klasemen sementara dengan torehan 56 poin. Sementara itu, Marquez yang mencetak hat-trick kemenangan semakin kokoh di puncak klasemen karena mengumpulkan 95 poin, unggul 36 angka atas rekan setim Rossi, Maverick Vinales, di urutan kedua.

Comments