Lin Dan sebut 4 negara yang berpotensi jegal China

Legenda bulu tangkis China, Lin Dan, mengakui persaingan pada Piala Thomas 2018 ini sangat ketat. Pasalnya, ada empat negara yang memiliki potensi menjadi juara sekaligus bisa menjadi sandungan bagi China untuk kembali menggenggam trofi tersebut.

China tak lagi dominan dalam ajang Piala Thomas. Nyatanya, mereka gagal juara dalam dua edisi terakhir karena trofi tersebut diraih Jepang (2014) dan Denmark (2016).

Di tengah usaha mereka mengembalikan trofi turnamen beregu putra nan bergengsi itu, Lin Dan justru memberikan pernyataan mengejutkan. Dia mengakui ada empat negera yang menjadi saingan berat.

“Piala Thomas kali ini lebih kompetitif dibandingkan dua tahun lalu karena munculnya banyak tim yang seimbang,” ujar pemain kidal ini dikutip dari The Star.

“Jepang, Denmark, Indonesia dan Taiwan memiliki peluang seperti China untuk menjadi juara. Ini tidak seperti sebelumnya, ketika kami hanya memiliki satu atau dua tim yang mampu memenangkan gelar.”

Lin Dan termasuk pemain paling sukses dalam ajang Piala Thomas. Peraih dua medali emas Olimpiade tersebut ikut membantu China menjadi juara Piala Thomas sebanyak lima kali secara beruntun dari 2004 hingga 2012.

Namun untuk edisi kali ini, Lin Dan bukan menjadi pemain utama. Sang legenda masuk daftar sebagai tunggal ketiga.

Pada laga perdana penyisihan Grup A saat China menang telak 5-0 atas Australia, Minggu (20/5/2018), Lin Dan tidak bermain. Sektor tunggal dipercayakan kepada Chen Long, Shi Yuqi dan Qiao Bin, Liu Cheng/Zhang Nan. Dia mendapat kepercayaan tampil pada pertandingan kedua melawan Prancis, Senin (21/5).

Comments