Nadal geser Federer dari peringkat 1 dunia

Rafael Nadal kembali ke posisi teratas daftar ranking ATP yang dirilis pada Senin (2/4/2018). Petenis kidal asal Spanyol ini menggeser rivalnya dari Swiss, Roger Federer.

Nadal berhak menduduki peringkat pertama setelah mengoleksi 8.770 poin. Dia unggul 100 angka atas Federer, yang tercatat sebagai petenis tertua yang pernah meraih peringkat teratas ATP sejak 19 Februari 2018 setelah meraih gelar Australian Open 2018.

Keberhasilan Federer ini pun tak lepas dari kondisi Nadal yang dibekap cedera saat tampil dalam grand slam awal tahun tersebut. Alhasil, Nadal memutuskan untuk absen dalam beberapa turnamen untuk memulihkan kondisinya.

Federer, yang kini berusia 36 tahun, tak bisa terlalu lama berada di peringkat teratas karena gagal meraih hasil positif dalam dua turnamen terakhir. Setelah gagal juara Indian Wells, peraih 20 gelar grand slam ini langsung tersingkir pada babak pertama Miami Open 2018 yang berlangsung di Crandon Park, Miami, Florida, Amerika Serikat (AS), 17 Maret-1 April.

Padahal, Federer berstatus juara bertahan Miami Open. Ini yang membuat dia kehilangan banyak poin sehingga memberikan jalan bagi Nadal untuk kembali menjadi nomor satu dunia.

Hal tersebut tentu saja menjadi pendorong motivasi bagi Nadal menjelang pertandingan Piala Davis. Petenis berusia 31 tahun tersebut akan membela Spanyol melawan Jerman pada babak perempat final Grup Dunia turnamen beregu putra tersebut.

Comments