Irving antar Celtics ke playoff

Kyrie Irving tampil impresif dan sukses mengantarkan Boston Celtics ke playoff setelah mengalahkan Minnesota Timberwolves, 117-109, di Target Center, Minnesota, Kamis (8/3). Irving mengoleksi 23 poin, 8 assist, dan 7 rebound.

Irving yang kembali setelah absen satu pertandingan, membawa Celtics unggul di kuarter pertama 35-28. Kepala Pelatih Brad Stevens kemudian menurunkan para pemain pengganti di sisa tiga menit terakhir, tapi itu tidak lantas membuat skuat Celtics kalah saing. Marcus Morris, forwarda pengganti, ternyata mampu menyumbang sembilan poin untuk membuat mereka tetap unggul.

Di kuarter dua, Stevens tetap melakukan rotasi dengan menggabungkan pemain utama dan pengganti. Dengan rotasi seperti itu, Celtics tetap unggul 60-46 hingga peluit paruh waktu pertama berbunyi.

Setelah jeda, Timberwolves berusaha mengejar ketinggalan dengan mendulang lebih banyak angka dari Celtics (28-26). Namun, perolehan itu tidak cukup mengungguli akumulasi poin lawan sejak kuarter pertama. Celtics tetap memimpin dengan skor 86-74.

Kendati demikian, tim asal Boston itu mesti kehilangan Jaylen Brown. Sang pemain gagal mendarat dengan benar setelah melakukan dunk di akhir kuarter tiga. Ia jatuh dengan punggung dan kepala lebih dulu walau sempat berdiri untuk keluar lapangan.

“Saya ketakutan. Maksud saya, saya tahu seperti apa jatuhnya,” ujar Marcus Smart, rekan setimnya, seperti dilansir Associated Press. “Saya mengalami hal serupa saat SMA. Dia bisa bangun lagi, dia anak yang kuat.”

Tanpa Brown, Celtics mengoptimalkan peran Morris sebagai gantinya. Ia kemudian menjawab kepercayaan itu dengan menyumbang total 17 poin dan 5 rebound. Sementara itu, Timberwolves melawan lewat Nemanja Bjelica. Pemain asal Serbia itu membukukan perolehan tertinggi selama karinya setelah menyumbang 30 poin.

Tuan rumah punya kesempatan membalikkan keadaan di sisa satu kuarter terakhir. Dalam kondisi itu, mereka lagi-lagi unggul perolehan poin (35-31) di kuarter empat, tetapi tetap belum bisa memimpin perolehan poin. Celtics nyatanya mampu menjaga asa sampai akhir untuk memenangkan pertandingan dan memastikan tim ini lolos ke playoff.

Itu salah tujuannya,” ungkap Irving tentang kelolosan timnya ke playoff. “Senang rasanya bisa menggapainya lebih cepat.”

Meski sudah pasti lolos ke playoff, Celtics masih akan melanjutkan pertandingan musim reguler. Kini mereka tengah mengoleksi rekor menang 46-20 dan akan menjamu Indiana Pacers untuk memenangkan pertandingan lainnya. Sementara itu, Timberwolves bakal melawan Golden State Warriors.

Comments