Ultah spesial Marc Marquez di Buriram

Tepat hari ini (17/2), Marc Marquez genap berusia 25 tahun. Hari kelahirannya itu harus dirayakan di sirkuit Buriram Thailand untuk uji coba resmi MotoGP yang masuki hari ke-2. Ultah ke-25 Marc Marquez dirayakan dengan menjadi yang tercepat di sesi uji coba hari ke-2. Marquez mengambil posisi teratas dari rekan setimnya di Repsol Honda,Dani Pedrosa.

Pemegang empat kali gelar Juara Dunia itu mengakhiri hari tercepat kedua setelah memimpin sebagian besar tahap akhir sesi tersebut. Sebelumnya di hari pertama, Marquez hanya menduduki posisi ketiga. Ia menempati urutan tiga setelah mengukir waktu terbaik 1 menit 30,912 detik. Marquez hanya terpaut 0,115 detik dari pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow yang menempati posisi teratas.

Hari spesial dengan catatan spesial, Marquez menandakan ia siap kembali mempertahankan tahta sebagai juara MotoGP musim 2018. Meski pesaing MotoGP tidaklah sedikit, kompetensi Marquez menjadi acuan pembalap lainnya sebagai yang terkuat saat ini.

Berjuang dengan cuaca panas

Salah satu keunggulan The Baby Alien adalah proses beradaptasinya yang cukup cepat. Sampai di Thailand Marquez bicara soal cuaca panas. Jika dibandingkan Malaysia, Marquez menyebut cuaca di sirkuit Buriram lebih menantang.

“Banyak yang membandingkan tempat ini dengan Malaysia. Memang benar panas di sini, tapi kondisinya juga berbeda dengan jenis kelembaban yang berbeda. Ini adalah trek pendek, cepat di beberapa area seperti dua jalur lurus yang butuh akselerasi bagus, namun di tengah ada bagian sempit, ujar Marquez.

Marquez optimis dengan Honda RC2013 V yang digunakan untuk uji coba. Bersama dengan tim Honda ia berusaha beradaptasi untuk pengaturan Gear box sesuai dengan medan yang ditemuinya. Sebelumnya ia juga menggunakan data dari tim Superbike Honda yang lebih dulu menggunakan sirkuit Buriram.

Riset dan uji coba tim sangat penting menurut Marquez. Pengujian cassis yang seperti pada tes pra musim di Sepang masih diperlukan lebih dalam lagi, termasuk ban Michellin yang digunakan. Intinya, Marquez ingin musim 2018 lebih sempurna lagi.

 

 

 

Comments