Jumlah lap MotoGP 2018 dikurangi

Menghadapi musim baru MotoGP yang tinggal sebulan lagi, Dorna, selaku operator MotoGP dan Federasi Motorsport Internasional (FIM) sepakat untuk mengurangi jumlah lap dalam MotoGP. Pengurangan jumlah lap juga terkait pembatasan bahan bakar dan mesin.

Selain pembatasan bahan bakar, pengurangan jumlah lap juga dilakukan untuk kepentingan televisi. Durasi tayang MotoGP 2018 nantinya akan lebih diefektifkan. Pengurangan lap dalam balap kuda besi itu juga berbeda-beda pemangkasannya. Ada yang hanya satu lap, ada pula hingga tiga lap.

Lima seri GP akan dipangkas satu lap. Seri balap yang dipangkas antara lain GP Amerika, GP Prancis, GP Catalunya, GP Republik Ceko, GP San Marino. Sedangkan GP Jerez dan GP Valencia masing-masing dikurangi dua lap dan tiga lap.

Ini artinya GP Amerika menjadi ajang pertama pemangkasan lap. Musim 2017 dan sebelumnya, dalam seri GP Amerika ada 21 lap dimana 20 rider berlomba dalam trek sepanjang 5.5 kilometer. Tapi April mendatang, hanya ada 20 lap saja.

Pemangkasan lap tidak serta merta berdasarkan jumlah lap terbanyak saja. Ada sejumlah pertimbangan pemilihan GP yang harus dipangkas lapnya.

Berlaku di Moto2 dan Moto3

Aturan ini tidak hanya berlaku pada balapan MotoGP saja. Aturan serupa juga diberlakukan pada seri Moto2 dan Moto3 yang juga dikurangi jumlah lapnya. Pada musim 2019, balapan Moto2 dan Moto3 juga bakal dikurangi jumlah durasinya.

Pengurangan jumlah untuk Moto2 terdapat sedikit perbedaan dengan MotoGP. Pengurangan satu lap akan berlaku di Amerika, Prancis, Katalunya, Jerman, Republik Ceko, San Marino, Jepang dan Malaysia.

Sementara untuk seri balap Moto2 di Spanyol dan Valencia dikurangi dua lap dari jumlah lap sebelumnya. Moto3 juga mengalami perubahan jumlah lap. Jumlah lap yang dikurangi yaitu Amerika Serikat, Spanyol, Katalunya, Republik Ceko, Aragon dan Valencia. Semuanya dikurangi satu lap.Sedangkan untuk seri di Prancis, jumlah lap balapan Moto3 dikurangi menjadi dua lap.

Comments