Jersey Paul Pierce dipensiunkan

Boston Celtics memberikan penghargaan khusus untuk mantan pemain mereka, Paul Pierce sebuah seremonial setelah Celtics dikalahkan Cleveland Cavaliers 123-99, Senin pagi (21/2). Terlepas dari kekalahan Celtics, pemensiunan jersey untuk Paul Pierce menjadi malam spesial untuk pemain ke-23 yang dipensiunkan jerseynya.

Kehormatan tersebut mengakhiri karir 19 tahun untuk Pierce, yang dinobatkan sebagai NBA Finals MVP pada tahun 2008 saat Celtics merebut gelar ke-17 mereka. Pierce yang mengenakan blazer kotak-kotak hijau, memasuki lapangan melalui terowongan pemain, tempat yang sama yang dilaluinya selama 15 tahun. 

Pierce dipilih Celtics dari draft nomor 10 tahun 1998 dan tetap setia selama 15 tahun, walaupun akhirnya pindah ke Brooklyn Nets, Washington Wizard dan Los Angeles Clippers. Jelang pensiun tahun 2017 lalu, Pierce menjalin kontrak dengan Celtics agar ia bisa pensiun dengan predikat sebagai pemain Celtics. Peran Pierce di Celtics memang bukan hal biasa. Pierce membantu memimpin Celtics dan membawa trofi setelah 20 tahun di tahun 2008 bersama dengan Rajon Rondo, Kevin Garnett dan Ray Allen.

“Hari ini adalah hari yang spesial untuk saya. Jika saya tidak berhasil masuk dalam jajaran Hall of Fame, maka melihat jersey saya dipensiunkan di sini (Boston Celtics) sudahlah cukup untuk saya,” ujar Paul Pierce dalam pidatonya di TD Arena, Minggu malam waktu setempat.

Paul Pierce menduduki puncak sejumlah rekor pemain di Celtic. Ia mengemas 1823 tembakan tiga angka, lemparan bebas sebanyak 6434 dan steal sebanyak 1.583 sepanjang karirnya di Celtics. Dia adalah pencetak poin terbanyak kedua Boston sepanjang masa dengan 24.021 poin dibawah John Havlicek yang 16 musim berseragam Celtics.

Ray Allen tak hadir

Jejeran legenda Celtics seperti Robert Parish, Cedric Maxwell dan Tom “Satch” turut hadir dalam acara pemensiunan jersey untuk Pierce. Begitupula dengan para mantan pemain Celtics turut berkumpul untuk menyaksikan upacara tersebut, termasuk rekannya dalam kemenangan Celtics di tahun 2008 seperti Rajon Rondo.

Namun tanpa Ray Allen. Ray Allen lebih memilih menghabiskan waktu bermain golf ketimbang memberi pnghormatan untuk Pierce. Tak dipungkiri keduanya memang tidak cocok saat masih berada dalam satu tim. Hal tersebut pula yang memicu kepindahan Ray Allen ke Miami Heat usai masa masa emas di Celtics.

 

Comments