MotoGP 2018: Marquez – Rossi jadi sentral

MotoGP 2018 akan kembali bergulir pada Maret mendatang. Berbagai prediksi juara pun bermunculan, termasuk Marc Marquez serta Valentino Rossi yang ditengarai akan sering muncul di pemberitaan utama media-media olahraga dunia.

Sepanjang 2017, kubu Yamaha dan Ducari seringkali menampilkan kondisi tidak konsisten. Sebaliknya, Honda mampu bangkit sehingga kembali mengantarkan Marquez berjaya.

Awal musim 2017, Honda sempat mengalami kesulitan dengan sepeda motor RC213V. Namun, tim asal Jepang itu mampu mencari solusi terbaik sehingga meraih hasil maksimal.

Bagaimana dengan Yamaha? Tentunya, Rossi dan Maverick Vinales akan kesulitan bersaing dengan Marquez apabila Yamaha tidak mampu membuat motor M1 lebih kompetitif pada musim depan.

Demikian halnya dengan Jorge Lorenzo yang masih beradaptasi dengan sepeda motor Desmosedici serta Andrea Dovizioso yang juga dianggap belum “berani” mengambil sejumlah risiko seperti Marquez jika tampil di sirkuit.

Akan tetapi, langkah Marquez dalam upaya kembali menjadi juara dunia bukan tanpa halangan. Satu-satunya masalah yang bisa menganjal target pebalap Spanyol itu adalah kontraknya bersama Honda yang akan habis setelah musim 2018 usai.

Bahkan, media-media Eropa mengabarkan, KTM dan Yamaha siap bersaing ketat demi mendapatkan tanda tangan Marquez apabila memutuskan hengkang dari Honda. Apabila Honda tidak segera mengatasi masalah ini, tentu fokus juara dunia Grand Prix enam kali itu akan terpecah.

Rossi pun demikian. Bahkan, bisa dibilang lebih rumit dari Marquez. Selain kontraknya bersama Yamaha akan berakhir pada akhir musim, Rossi juga wajib membuat keputusan apakah dirinya akan pensiun setelah musim selesai.

Berdasar masalah itulah MotoGP 2018 akan semakin menarik. Selain hasil balapan para bintang dari sirkuit, keputusan Marc Marquez dan Valentino Rossi tersebut tentu menarik untuk ditunggu.

Comments